nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhat Penjaga Kamar Mayat: Bagaimana Mengurus Jenazah Tanpa Identitas?

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 11 Januari 2020 13:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 10 337 2151573 curhat-penjaga-kamar-mayat-bagaimana-mengurus-jenazah-tanpa-identitas-JF4qyIGL0T.jpg Bangsal RSCM (Foto: Okezone/Fardi)

JAKARTA - Petugas penjaga kamar mayat Rumah Sakit Cipto Mangun Kusomo (RSCM), Maksudi menuturkan tidak sedikit mayat tanpa identitas bermuara di tempat kerjanya.

"Kalau jumlahnya lumayan banyak 35 sampai 45 persen (jenazah) tak dikenal," katanya kepada Okezone di Kamar Mayat RSCM, Jalan Diponogoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Banyaknya jenazah yang datang tanpa identitas di kamar mayat RSCM, pihaknya memberlakukan aturan bahwa jenazah hanya diberi waktu selama 2 x 24 jam. Jika tidak ada pihak keluarga yang menjemput pihak RSCM akan menguburkan jenazah tanpa identitas tersebut di pemakaman yang dikelola oleh pemerintah.

"Sebetulnya seperti yang ditetapkan, 2×24 jam tidak ada keluarga. Kita di pulasara artinya disucikan dikuburkan. Tapi tentunya harus ada kesepakatan dengan kepolisian. Kalo sudah oke. Polisi enggak temukan keluarganya, maka kita kuburkan. Diurus sebagai mana mestinya normal. Tapi untuk penguburan kita koordinasi dengan Dinas Pemakaman DKI," bebernya.

Lipsus Kamar Mayat (Foto: Okezone)

Sementara itu, staf humas RSCM, Yogi menuturkan untuk memperlakukan jenazah tanpa identitas, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Dinas Pemakaman DKI Jakarta.

"Kita berkoordinasi terus dengan pihak-pihak terkait," ucapnya.

Yogi juga membantah adanya isu yang beredar di kalangan tertentu yang menyebutkan jenazah yang tidak kunjung dijemput keluarga akan dijual organ dalamnya.

"Itu tidak benar, kami perlakukan dengan baik, dimandikan dikuburkan di Taman Pemakaman Pondok Rangon, jadi isu-isu miring itu tidak benar," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini