Penjaga Kamar Mayat RSCM: Kalau Ketemu Jenazah Busuk, Cium Saja Baunya Dalam-Dalam

Achmad Fardiansyah , Okezone · Sabtu 11 Januari 2020 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 10 337 2151568 penjaga-kamar-mayat-rscm-kalau-ketemu-jenazah-busuk-cium-saja-baunya-dalam-dalam-m9anh0VJh6.jpg Agus menikmati pekerjaan menjadi petugas kamar mayat (Foto: Okezone/Fardi)

JAKARTA - Petugas penjaga kamar mayat Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Agus Rudiawan dan Maksudi mengaku belajar kilat tentang anatomi tubuh manusia.

Agus menuturkan pada awalnya bingung saat menemukan mayat yang sudah hancur hampir tidak berbentuk lagi, Agus harus mengumpulkan potongan-potongan tubuh yang sudah tak berbentuk lagi.

"Saya harus bisa bedain, ini bagian apa, misalnya ini bagian tangan, ini bagian kepala, kan harus benar. Karena jenazah yang masuk ke sini tidak semua utuh. Ada yang kecelakaan ada yang pembunuhan semuanya bermuara di sini," ungkapnya kepada Okezone di Kamar Mayat RSCM.

Hal senada yang diungkapkan petugas lainnya, Maksudi. Maksudi yang sudah berkarier sejak tahun 1991 itu, harus belajar terkait ilmu tersebut tidak lebih dari 6 bulan.

Lipsus Kamar Mayat (Foto: Okezone)

"Kan kita dampingi dokter forensik, kita lihat, kita belajar dari itu, ini bagian mana, itu juga bagian mana, terus kita perhatiin, lama-lama kita sedikitnya jadi tahu," bebernya.

"Tapi kalau mau diperbaiki kita jahit itu yang kecil. Tapi kalau yang jenazah hancur, seperti biasa kita kumpulkan tapi membentuknya seperti yang utuh. Misal kepala ya kepala, kaki ya kaki," ucapnya.

Maksudi mendapatkan tips jika menghadapi jenazah yang sudah mengeluarkan bau tidak sedap.

"Nah, sampai kita belajar kalau ada jenazah yang sudah ada bau, itu cukup cium saja dalam-dalam, terus jangan meludah. Atau kalau tidak kalau posisinya di lapangan, itu pakai timun di parut lalu ditebarin ke bagian tubuh yang tercecer," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini