nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menguak Misteri Kematian Mantan Istri Sule

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 07:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 10 337 2151324 menguak-misteri-kematian-mantan-istri-sule-nIdMkifc4a.jpg Mendiang Mantan Istri Sule, Lina Zubaedah Bersama Putrinya (foto: Instagram/@putridelinaa)

JAKARTA - Jajaran Polrestabes Bandung membongkar makam Lina Zubaedah, mantan istri komedian Sule. Hal itu dilakukan guna menguak penyebab kematian yang dianggap keluarga mengalami kejanggalan.

Pembongkaran makam Lina, berawal dari laporan anak almarhumah, Rizky Febian ke Polrestabes Bandung terkait kejanggalan kematian ibu kandungnya. Saat itu, pria yang akrab disapa Iky itu melaporkan adanya lebam di bagian leher dan tubuh sang ibu.

Usai dibongkar, jasad Lina akan menjalani proses autopsi untuk mencari tahu penyebab pasti kematiannya. Tujuanya mengungkap kematian Lina yang dianggap misterius dan mendadak.

Polisi berjaga di lokasi Pemakaman Mantan Istri Sule, Lina Zubaedah (foto: Okezone/CDB Yudistira)	 

"Hari ini tim dari forensik bersama penyidik melakukan autopsi terhadap jenazah almarhumah Ibu Lina. Autopsi ini untuk mencari penyebab dari kematian tentunya nanti dari hasil tim forensik akan dilakukan analisis penyebab kematian almarhumah," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erlangga saat ditemui di Komplek Pemakaman Sekelimus Utara 1, Kelurahan Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung, Kamis 9 Januari 2020.

Erlangga menjelaskan, tidak butuh waktu lama untuk proses autopsi. Dia menerangkan, prosesnya hanya memakan waktu sekira satu hari. Selanjutnya, proses analisis dari tim forensik.

"Paling lambat 2 minggu (hasil autopsi keluar) tunggu hasil lab," ujar Erlangga.

Dia menjelaskan, pelaporan Rizky ini pun masih berstatus penyelidikan oleh pihak kepolisian. Polisi juga telah melakukan pemeriksaan terhadap sebagian orang untuk menjadi saksi.

"Ya, kita sudah mintai keterangan dari pihak keluarga," tutur Erlangga.

Lina Zubaedah Bersama Sule dan Keluarga (foto: Ist) 

Sebelum melakukan pembongkaran makam, jajaran Polrestabes Bandung menyambangi kediaman Lina di Jalan Neptunus, Margahayu, Kota Bandung.

Kedatangan polisi disambut suami Lina, Tedy yang mendampingi polisi selama berada di rumah duka. Dalam kesempatan itu ada temuan yang di bawa polisi.

Usai memeriksa kediaman Lina, jajaran kepolisian langsung meninggalkan lokasi rumah duka. Polisi membawa DVR dan CCTV sebagai bahan untuk dilakukan penyelidikan awal terkait dengan laporan Rizky Febian tersebut.

Polemik Pemindahan Makam

Setelah makam Lina Zubaedah dibongkar untuk proses autopsi, polemik baru muncul yaitu mengenai pemindahan makam mantan istri Sule tersebut.

"Kami masih diskusi dulu, untuk soal itu (pemindahan makam)," kata Bahyuni Zaili, salah seorang tim kuasa hukum Rizky Febian, yang ditemui di makam Lina, di Kelurahan Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung.

Bahyuni menyebutkan soal pemindahan harus disepakati oleh pihak Tedy yang merupakan suami Lina dan pihak keluarga Lina. Soal tempat pemindahan makan ada dua lokasi.

"Rencana ke Nagrog, keluarga juga ingin ke Cimahi. Ya intinya kami diskusikan dulu bersama. Kami mah inginnya damai enggak ramai dulu," tuturnya.

Tedy Suami Almarhumah Lina Zubaedah (foto: Okezone) 

Sementara Teddy yang juga mantan suami Lina menolak rencana pemindahan jenazah Lina yang kabarnya akan dimakamkan dekat kakek almarhumah di kawasan Nagrog, Ujungberung, Bandung atau di Cimahi dekat tempat tinggal keluarga Sule.

"Kepindahan itu berdasarkan rembug, ada hitam di atas putih. Kalau di Cimahi saya enggak setuju. Di Cimahi itu kan mantan," kata Teddy menimpali rencana pemindahan makam Lina.

Namun belakangan, Teddy setuju jenazah istrinya, Lina Zubaedah dipindahkan ke tempat pemakaman umum (TPU) Nagrog, Ujungberung, Kota Bandung, Jawa Barat. Menurut dia, pemindahan jasad Lina ke TPU di Nagrog, Ujungberung merupakan hal adil daripada di Cimahi.

"Itu kan di tengah, pemakaman umum. Adil, netral tempatnya," kata Tedy.

Tedy berkilah, TPU Nagrog jadi lokasi yang pas di tengah keributan antara dirinya dengan pihak keluarga Sule ke mana jenazah Lina dipindah.

"Udah itu, udah pas," ucapnya. (fid)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini