nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi I DPR Akan Gelar Rapat Bersama Pemerintah Bahas Kedaulatan Natuna

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 10 Januari 2020 08:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 10 337 2151299 komisi-i-dpr-akan-gelar-rapat-bersama-pemerintah-bahas-kedaulatan-natuna-P0rA5lfQt2.jpg Ilustrasi Gedung DPR/MPR RI di Senayan, Jakarta (foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi I DPR RI akan menggelar rapat bersama dengan pemerintah terkait klaim sepihak atas laut Natuna Utara oleh China. Rapat akan membahas langkah pemerintah dalam menjaga hak kedaulatan atas laut Natuna Utara tersebut.

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PAN, Farah Putri Nahlia mengatakan, dalam rapat tersebut nantinya Komisi I akan mendorong pemerintah agar membangun infrastruktur di Kepulauan Natuna serta memberdayakan laut Natuna Utara bagi nelayan.

Baca Juga: TNI Sebut Kapal China Sudah Keluar dari Perairan Natuna Pasca-Dikunjungi Jokowi 

Ketika Presiden Jokowi Temui Ratusan Nelayan di Natuna

"Kita akan mendorong pemerintah untuk bikin infrastruktur di sana, mendorong nelayan untuk mancing di sana, sehingga makin menguatkan klaim Indonesia bahwa laut Natuna Utara ini memang milik kita dan ada dasar hukumnya dari UNCLOS," kata Farah kepada Okezone, Jumat (10/1/2020).

Farah mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan lembaga terkait. Ia berharap dalam rapat bersama pemerintah tersebut nantinya memiliki satu sikap agar laut Natuna Utara tidak selalu diganggu gugat pihak manapun.

"Kami punya satu sikap yakni kami tidak takut dengan adanya kapal-kapal asing China dan kita mau untuk melawan, kita mau Indonesia bisa independen, jangan sampai zona ekonomi eksklusif (ZEE) kita ini yang memang sumber daya alamnya punya kita diambil orang lain," tuturnya

"Jadi diharapkan ke depannya dengan adanya rapat langsung ini kita bisa langsung menyampaikan saja semoga tindakan pemerintah bisa dipercepat dan dipertegas lagi," tukasnya.

Baca Juga: Datang Langsung ke Natuna, Jokowi Kembali Tegaskan Kedaulatan Tidak Bisa Ditawar! 

Diketahui sebelumnya China mengklaim laut Natuna Utara yang merupakan hak kedaulatan Indonesia. Mereka mengklaim menggunakan sembilan garis putus-putus yang menyatakan laut Natuna Utara bagian dari China.

Tak tanggung-tanggung dalam klaim itu China mengawal para nelayannya untuk mengambil sumber daya alam menggunakan kapal Coast Guard. Akibatnya polemik kepemilikan laut Natuna Utara memanas.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini