nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI Siap Hadir Beri Perlindungan terhadap WNI di Iran

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 17:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 09 337 2151166 tni-siap-hadir-beri-perlindungan-wni-di-iran-0HzEdtiSTO.JPG Kapuspen TNI, Mayjen Sisriadi (Foto: Okezone.com/Muhamad Rizky)

JAKARTA - Mabes TNI menyatakan siap hadir untuk memberikan perlindungan dan bantuan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Iran menyusul memanasnya hubungan negara tersebut dengan Amerika Serikat (AS).

"Kita berdoa dong. Jadi, kita sebagai negara yang cinta damai berdoa. Khususnya TNI kami tak punya legitimasi untuk melakukan diplomasi. Itu urusan pemerintah. Tapi atase kami di sana, melakukan penyelamatan lah, paling tidak memberikan kontribusi terhadap kedutaan besar kita di sana," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Sisriadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/1/2020).

Sisriadi menekankan, pihaknya tetap memiliki kewenangan terbatas. Terkait dengan proses evakuasi WNI di Iran, menurutnya, hal itu sepenuhnya dikeluarkan pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Luar Negeri.

"TNI posisinya di indonesia. Kami jaga wilayah kedaulatan di wilayah Indonesia. (Evakuasi), nanti itu tanyakan ke Kemenlu saja ya," ujar Sisriadi.

Perlindungan yang dimaksud kata dia, ialah dengan cara menyediakan penampungan sementara dan pengamanan di kantor kedutaan Indonesia.

"Karena atase kami itu ada beberapa orang, ada atase darat, atase laut, udara dan pembantunya, toh tak lakukan tindakan apa-apa kecuali memberikan tempat penampungan bila diperkukan," ujar Sisriadi.

Hubungan Iran dan AS memanas setelah serangan militer negeri Paman Sam menewaskan komandan pasukan elite Iran, Qassem Soleimani. Iran meradang dengan sikap agresif Amerika.

Buntut dari kecaman itu, pangkalan udara yang menampung pasukan di Irak telah dihantam lebih dari selusin rudal balistik milik negeri para mullah tersebut.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini