nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI Tingkatkan Operasi Pengamanan Laut dan Udara di Perairan Natuna

Achmad Fardiansyah , Okezone · Rabu 08 Januari 2020 20:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 08 337 2150818 tni-tingkatkan-operasi-pengamanan-laut-dan-udara-di-perairan-natuna-vKuN4ucdbE.jpg Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi (Foto: Okezone/Muhamad Rizky)

JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Sisriadi menuturkan, akan meningkatkan intensitas operasi laut dan udara di Laut Natuna Utara. Hal itu dilakukan menyusul masuknya kapal Tiongkok di perairan tersebut.

"TNI meningkatkan intensitas operasi laut dan udara di Laut Natuna Utara," kata Sisriadi kepada Okezone, Rabu (8/1/2020).

Sisriadi mengungkapkan, peningkatan intensitas operasi diiringi dengan penambahan armada baik di laut maupun di udara.

"Operasi pengamanan laut, jumlah KRI yang dikerahkan ditambah. Pengamatan dan pengintaian udara juga ditingkatkan, patroli udara dengan pesawat F-16 juga ditingkatkan," tuturnya.

Baca Juga: Anggota Komisi I : Indonesia Berdaulat di Natuna & Laut China Selatan

Apel gabungan di perairan Natuna

Peningkatan intensitas operasi di perairan tersebut, kata Sisriadi, tetap berpegang terhadap pedoman hukum laut Internasional yang termaktub dengan Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982.

Selain itu, TNI juga menggandeng Kementerian Luar Negeri untuk melakukan diplomasi guna meredam ketegangan kedua belah pihak.

"Kami juga bekerjasama dengan Kemenlu," pungkasnya.

Baca Juga: Datang Langsung ke Natuna, Jokowi Kembali Tegaskan Kedaulatan Tidak Bisa Ditawar!

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini