nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Datang Langsung ke Natuna, Jokowi Kembali Tegaskan Kedaulatan Tidak Bisa Ditawar!

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 08 Januari 2020 15:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 08 337 2150665 soal-natuna-jokowi-kedaulatan-tidak-bisa-ditawar-8y6TcXqejM.jpg Presiden Jokowi di Natuna (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (8/1/2020). Dalam kesempatan itu, ia menegaskan Natuna merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kedaulatan itu tidak bisa ditawar-tawar. Tidak bisa ditawar-tawar!" kata Jokowi.

Jokowi menerangkan, Natuna bagian dari wilayah teritorial Indonesia baik secara de facto dan de jure. Di wilayah Natuna ada 81 ribu penduduk.

"Kedua yang perlu saya sampaikan, ini saya ulang, karena 2016 sudah saya sampaikan, bahwa Natuna ini adalah teritorial Indonesia. Kita punya kabupaten di sini, ada bupatinya, ada gubernurnya," ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Bertindak Tegas terhadap Kapal Nelayan China di Natuna

"Penduduk kita ada di sini ada 81 ribu. Jadi tidak ada yang diperdebatkan lagi. (Secara) de facto de jure, Natuna adalah Indonesia!" tegas Kepala Negara.

Jokowi di Natuna Foto Biro Pers Kepresidenan

Jokowi sempat meninjau KRI Usman Harun dan KRI KS Tubun saat kunjungannya ke Natuna. Kedua kapal perang ini akan diterjunkan guna menggelar patroli keamanan di Natuna.

Sebanyak 7 KRI diterjunkan untuk melakukan patroli rutin agar tak ada lagi kapal asing yang masuk ke Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia di Natuna.

"Saya ke sini ingin menegaskan, kedaulatan Indonesia atas kekayaan kelautan di ZEE untuk memastikan penegakkan hukum di sini," ujarnya. 

Baca Juga: Sikap Indonesia Tolak Negosiasi dengan China soal Natuna Dinilai Tepat

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini