Profil Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang Terjaring OTT KPK

Rabu 08 Januari 2020 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 337 2150541 profil-bupati-sidoarjo-saiful-ilah-yang-terjaring-ott-kpk-mj0gA1hqef.jpg Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dibawa ke Gedung KPK di Jakarta Selatan. (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar pada Selasa malam kemarin. Penangkapan kepala daerah di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, tersebut menjadi OTT pertama KPK pada tahun ini.

"Benar KPK telah mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di Kabupaten Sidoarjo terkait pengadaan barang dan jasa," ungkap Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam pesan singkatnya, Selasa 7 Januari 2020, mengutip dari iNews.id.

Baca juga: Terjaring OTT, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Tiba di KPK 

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Saiful Ilah lahir di Sidoarjo pada 9 Agustus 1949. Saat ini dia tercatat sebagai bupati Sidoarjo periode 2016–2021. Sebelumnya dia juga pernah memegang jabatan yang sama untuk periode 2010–2015.

Usai terjaring OTT, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dibawa ke KPK di Jakarta Selatan. (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

Pada Pilkada Sidoarjo 2010, Saiful Ilah yang ketika itu diusung oleh PKB dan PKS berhasil meraih kemenangan telak dengan perolehan suara mencapai 60 persen. Selanjutnya pada Pilkada Serentak 2015, dia kembali terpilih menjabat bupati Sidoarjo untuk kedua kalinya lewat dukungan PKB, dan raihan suara hampir mencapai 60 persen.

Baca juga: Terjaring OTT KPK, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Miliki Harta hingga Rp60 Miliar 

Selain berkarier di dunia politik, Saiful Ilah juga menggeluti profesi sebagai pengusaha. Bisnis yang dijalankan politikus PKB ini meliputi industri padat modal seperti pabrik pelek motor, pabrik panci, dan pabrik bahan baku obat nyamuk.

Saiful Ilah tercatat sebagai alumni Fakultas Hukum Universitas Merdeka Surabaya. Dia juga pernah menduduki berbagai jabatan komisaris dan direktur di sejumlah perusahaan.

Sederet jabatan lain pun pernah dipegangnya dalam berorganisasi. Sebut saja ketua Forum Komunikasi Masyarakat (FKMT) Sidoarjo (1988–sekarang); bendahara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sidoarjo (1998–2001); ketua II bidang Administrasi merangkap bendahara Yayasan Perguruan Tinggi Universitas Merdeka Surabaya (2000–sekarang), dan Ketua DPC PKB Kabupaten Sidoarjo (2002–sekarang).

Selanjutnya, Saiful Ilah juga pernah menjadi manajer PS Delta Putra Sidoarjo (2001–2007); ketua umum PBVSI Sidoarjo (2000–sekarang); wakil ketua KONI Kabupaten Sidoarjo (2003–2007); ketua Dewan Lingkungan Kabupaten Sidoarjo (2004–sekarang); hingga ketum Pengurus Cabang PSSI Kabupaten Sidoarjo (2006–sekarang).

Baca juga: Ditangkap KPK, Bupati Sidoarjo: Saya Sendiri Enggak Eroh 

Usai terjaring OTT, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dibawa ke KPK di Jakarta Selatan. (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini