nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perpres Dewas Terbit, KPK Siap Lakukan Penindakan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 09:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 07 337 2150095 perpres-dewas-terbit-kpk-siap-lakukan-penindakan-iZkKi88hmc.jpg Gedung KPK. (Foto : Okezone.com/Puteranegara Batubara)

JAKARTA – Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 91 Tahun 2019 tentang organ pelaksana Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah diterbitkan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Perpres tersebut beberapa waktu lalu.

Dengan terbitnya Perpres yang merupakan turunan dari UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK tersebut, lembaga yang kini dipimpin Firli Cs sudah punya kewenangan untuk melakukan serangkaian kegiatan penyelidikan, penyidikan, hingga penindakan.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, berharap organ kelengkapan Dewan Pengawas (Dewas) segera terbentuk menyusul telah diterbitkannya Perpres KPK. Dengan begitu, kata Ali, KPK bisa segera mempercepat tugas-tugasnya terutama dalam bidang penindakan.

"Dengan terbitnya Perpres tersebut harapannya Dewas akan segera terbentuk organ kelengkapannya dan tentu secara teknis akan membantu dan mempercepat tugas-tugas KPK terkait teknis izin-izin penyitaan, penyadapan dan penggeledahan dan lainnya," kata Ali saat dikonfirmasi, Selasa (7/1/2020).

Sekadar informasi, Perpres yang telah diterbitkan tersebut salah satunya berisikan poin Dewas membentuk organ pelaksana yang disebut dengan Sekretariat Dewas KPK yang dipimpin seorang Kepala Sekretariat.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (Foto : Okezone.com/Muhamad Rizky)

Dalam Perpres itu disebut bahwa Sekretariat Dewas KPK mempunyai tugas memberikan dukungan administratif dan teknis operasional kepada Dewas KPK dalam mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang di KPK.

Sekretariat Dewas berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Dewas dan secara administratif dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal KPK. Sekretariat Dewas berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Dewas dan secara administratif dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal KPK.


Baca Juga : Ketua KPK Sebut Pencegahan Lebih Berhasil Selamatkan Uang Negara ketimbang Penindakan

Ali menjelaskan, mekanisme pengisian jabatan Kepala Sekretariat Dewas akan dilakukan oleh Sekjen KPK. Biasanya, kata Ali, proses pengisian jabatan di KPK dilakukan dengan mekanisme seleksi. Kendati demikian, Ali mengaku tak mengetahui secara pasti kapan seleksi ini akan digelar.

"Sekjen KPK tentu akan menentukan mekanismenya dan yang biasa dilakukan adalah melalui seleksi. Terkait hal itu (seleksi-red), saya mesti konfirmasi dulu," katanya.


Baca Juga : Firli Bahuri Tegaskan Presiden Jokowi Tak Intervensi Kinerja KPK

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini