nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 7 Januari: Indonesia Keluar dari PBB hingga AS Akui Kuba di Bawah Fidel Castro

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 08:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 07 337 2150040 peristiwa-7-januari-indonesia-keluar-dari-pbb-hingga-as-akui-kuba-di-bawah-fidel-castro-Pnf51pykso.JPG Presiden pertama RI, Ir Soekarno (Foto: Dok. Koran SINDO)

JAKARTA - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 7 Januari setiap tahunnya. Beberapa di antaranya adalah, Indonesia keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) hingga Brunei Darussalam resmi gabung ASEAN.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 7 Januari dari laman Wikipedia, di antaranya;

1959 - Amerika Serikat akui pemerintahan Kuba dibawah Fidel Castro

Amerika Serikat (AS) akhirnya mengakui pemerintahan Kuba yang baru di bawah kepemimpinan Fidel Castro pada 7 Januari 1959.

Fidel Castro adalah adalah seorang pejuang revolusi dan politikus Kuba yang berhaluan komunis.

Castro menjabat sebagai Perdana Menteri Kuba dari 1959 hingga 1976 dan sebagai Presiden Kuba sejak 1976 hingga 2008. Selain itu, ia juga mengemban jabatan Sekretaris Pertama Partai Komunis Kuba dari 1965 hingga 2011.

1965 - Indonesia keluar dari PBB

Pada 7 Januari 1965, Indonesia memutuskan keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Langkah itu diambil setelah Malaysia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

Presiden Soekarno kala itu tidak sudi berada satu atap dengan Malaysia sebagai anggota PBB. Terlebih Negeri Jiran yang terlibat persengketaan dengan Indonesia itu, tergabung dalam Dewan Keamanan PBB.

1984 - Brunei Darussalam gabung ASEAN

Tepatnya pada 7 Januari 1984 Brunei Darussalam resmi bergabung ke Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). ASEAN seperti diketahui merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regional, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

2004 - Kabupaten Dharmasraya di Sumatera Barat Resmi Berdiri

Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) resmi berdiri pada 7 Januari 2004. Dharmasraya adalah nama ibu kota dari sebuah Kerajaan Melayu di Sumatera.

Nama ini muncul seiring dengan melemahnya Kerajaan Sriwijaya setelah serangan Rajendra Chola I (Raja Chola dari Koromandel) pada tahun 1025 silam.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini