nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Romahurmuziy Juga Dituntut Bayar Pengganti Rp46 Juta & Hak Politik Dicabut

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 18:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 06 337 2149916 romahurmuziy-juga-dituntut-bayar-pengganti-rp46-juta-hak-politik-dicabut-6zrm7UONwk.jpg Romi dituntut bayar pengganti Rp46 juta dalam kasus jual beli jabatan di Kemenag (Foto : Okezone.com/Arie)

JAKARTA - Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menuntut mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy membayar uang pengganti sebesar Rp46,4 juta. Romi diberi tenggat waktu selama satu bulan untuk membayar uang pengganti setelah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap.

"Menjatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa M Romahurmuziy untuk membayar uang pengganti Rp46,4 juta dibayarkan selambat-lambatnya 1 bulan setelah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap," kata Jaksa KPK, Wawan Yunarwanto saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).

Romahurmuziy

Jika dalam jangka waktu tersebut Romi tidak dapat membayarkan uang pengganti, maka harta bendanya akan disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. Dan jika harta benda Romi tidak mencukupi, maka akan diganti dengan hukuman satu tahun penjara.

Selain itu, Jaksa juga menuntut agar hak politik Romi dicabut untuk dipilih sebagai pejabat publik selama lima tahun. "Menjatuhkan hukuman tambahan terhadap M Romahurmuziy berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama lima tahun setelah terdakwa selesai menjalani pidana pokoknya," ujarnya.

Sebelumnya, Romi dituntut empat tahun penjara oleh Jaksa pemuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Romi juga dituntut untuk membayar denda Rp250 juta subsidair lima bulan kurungan.

Dalam analisis yuridisnya, Jaksa berkeyakinan bahwa Romi terbukti melakukan tindak pidana dalam keadaan sehat dan jasmani. Perbuatan dan sikap Romi juga dianggap memiliki hubungan yang jelas menerima hadiah atau janji karena kekuasaan atau ada hubungannya dengan jabatan.

Baca Juga : Romahurmuziy Dituntut 4 Tahun Penjara dan Denda Rp250 Juta

Baca Juga : Ekskavator Siap Ratakan Gedung Lantai 4 yang Roboh di Slipi

Romi disebut menerima uang dari mantan Kakanwil Kemenag Jatim, Haris Hasanuddin sebesar Rp325 juta. Romi juga dianggap terbukti menerima suap sebesar Rp91,4 juta mantan Kepala Kantir Kemenag Kabupaten Gresik, Muafaq Wirahadi.

Jaksa berkesimpulan bahwa terdakwa Romahurmuziy menggunakan pengaruh politiknya untuk melakukan perbuatan tindak pidana korupsi. Romi juga dinilai telah menggunakan kewenangan yang ada padanya untuk mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri, keluarga, dan kelompoknya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini