Natuna Memanas, Lanud Roesmin Nurjadin Siap Kerahkan Pesawat F-16

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Senin 06 Januari 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 06 337 2149911 natuna-memanas-lanud-roesmin-nurjadin-siap-kerahkan-pesawat-f-16-LxmXutBGDJ.jpg Ilustrasi Pesawat F-16 (Foto: Okezone)

PEKANBARU - Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin menyatakan selalu siap jika ada perintah untuk diberangkatkan menuju Perairan Natuna, terkait memanasnya konflik di perairan tersebut. Dua skadron telah disiapkan pihak Lanud jika mendapat perintah.

Komandan Lanud (Danlanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka mengatakan pihaknya telah menyiapkan personel dan peralatan untuk menjaga kedaulatan NKRI.

"Saya bertugas membina dan menyiapkan seluruh personel dan alutsista (alat utama sistem persenjataan) untuk selalu siap melaksanakan tugas-tugas yang diperintahkan dari pimpinan," kata Ronny kepada Okezone, Senin (6/1/2020).

pesawat

Baca Juga: Kapal China Masuk Natuna, Mahfud MD: Usir!

Ronny menegaskan, sejauh ini belum ada perintah untuk keberangkatan ke Natuna. Namun begitu, Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru saat ini diperkuat oleh pesawat Hawk 100/200 yang bermaskas di Skadron 12 dan pesawat tempur F-16 yang bermarkas di Skadron 16.

Lanud Roesmin Nurjadin juga selama ini sering melakukan patroli dan latihan tempur di kawasan Kepri termasuk Natuna. "Kita selalu siap siaga. Patroli udara masih seperti biasa. Tunggu perintah saja," tukasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini