nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ungkap Penyiram Novel Baswedan, Kompolnas: Kinerja Polisi Positif

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 16:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 06 337 2149873 ungkap-penyiram-novel-baswedan-kompolnas-kinerja-polisi-positif-PHGgtw2FHz.jpg Anggota Kompolnas Yotje Mende (foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyebut tidak ada keterlibatan jenderal dalam kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan. Bagi Kompolnas, kinerja Polri dalam kasus itu positif.

"Kalau masalah itu tidak, tidak ada di dalam paparan itu dan kita berharap artinya di sini siapapun yang terlibat harus diungkap," kata Anggota Kompolnas, Irjen (Purn) Yotje Mende usai bertemu Menko Polhukam Mahfud MD di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Baca Juga: Novel Sebut Pemeriksaannya di Polda Metro Jaya Berjalan Lancar 

Penyidik KPK Novel Baswedan (foto: Okezone)

"Untuk sementara ini hasil yang disampaikan ke Kompolnas tidak ada (keterlibatan) jenderal dan yang melakukan itu adalah oknum yang dendam terhadap Novel dan mereka sendiri melakukan ini secara pribadi," sambung dia.

Persoalan kasus Novel menjadi salah satu hal yang turut dibincangkan Kompolnas saat bertemu dengan Mahfud. Kompolnas menilai kinerja Polri positif dalam penanganan kasus tersebut. Apalagi kini Polri sudah menangkap dua pelakunya yang ternyata anggota aktif.

"Ya itu salah satu yang kami sampaikan bahwa tadi kami nyatakan kinerja Polri positif karena terus terang saja Kompolnas sudah tujuh kali melakukan gelar perkara atas kasus Novel ini sejak tahun 2017 hingga 2018," terangnya.

"Dan juga sebagai follow up waktu itu rekomendasi kita untuk menunjuk salah satu anggota kami, Ibu Poengky Indarti, dia juga ikut jadi TPF yang diketuai Pak Idham pada 2018 lalu. Jadi kinerja mereka kita lihat positif hanya memang bagaimana penyelesaiannya dan pengungkapannya itu yang kita dorong sekarang," ucap Yotje.

Baca Juga: Polisi Gali Motif Kasus Penyiraman Novel Baswedan dari 2 Tersangka 

Tersangka kasus penyiraman terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan, yaitu RM dan RB. (Foto : Okezone.com/Muhamad Rizky)

Yotje tidak setuju jika ada anggapan dua orang pelaku yang sudah ditangkap adalah tumbal. Pihak yang memiliki data dan fakta terkait kasus Novel diminta untuk mengirimkan ke Kompolnas untuk kemudian ditindaklanjuti.

"Kalau kita dengan pernyataan itu kami tidak setuju ya, kalau mereka punya fakta data ya silahkan saja Kompolnas siap mengakomodir," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini