DPR Akan Panggil Mendagri, Anies, Emil dan WH Terkait Banjir

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 04 Januari 2020 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 04 337 2149294 dpr-akan-panggil-mendagri-anies-emil-dan-wh-terkait-banjir-uBmgGIYhwc.jpg Wakil Ketua Komisi II DPR Arwani Thomafi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi II DPR RI akan memanggil Menteri Dalam Negeri Jenderal (Purn) Tito Karnavian dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait dengan penanganan dan pengelolaan pasca-banjir. 

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arwani Thomafi menjelaskan, agenda itu akan dilakukan lantaran parlemen melihat adanya ketidakharmonisan antara pihak pemerintah pusat dan daerah dalam menangani banjir di awal 2020 tersebut.

"Kami akan undang Gubernur DKI bersama dengan dalam kaitan ini Mendagri untuk memastikan relasi ini berjalan dengan baik," kata Arwani dalam acara Polemik MNC Trijaya Network bertajuk 'Banjir Bukan Takdir?', di Sasana Krida Karang Taruna Bidara Cina, Jakarta Timur, Sabtu (4/1/2020).

Baca Juga: Pemprov DKI Ajak Masyarakat Kerja Bakti Bantu Warga Korban Banjir

Selain itu, Komisi II juga akan memanggil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) dan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH). Nantinya, agenda tersebut akan membahas penangan banjir dari hulu ke hilir.

Mendagri Tinjau Posko Pengungsian Banjir di Bekasi

Arwani menekankan, apabila memang adanya ketidakharmonisan hubungan pusat dan daerah, hal itu akan mengganggu penanganan dan pertolongan terhadap masyarakat yang menjadi korban banjir.

"Ini harus segera diselesaikan. Agar masyarakat mendapatkan hak dan mendapatkan jaminan dari pemerintah," ucap Arwani.

Banjir Masih Merendam Kawasan Mampang Pela

Komisi II DPR akan menyiapkan waktu agar pemerintah pusat dan daerah dapat duduk bersama membahas penanganan dan pencegahan banjir. "Pemerintah hadir untuk berikan pelayanan masyarakat, menjamin hak masyarakat bisa berjalan. Pemerintah juga harus jadi satu baik pusat dan daerah," ujar Arwani.

Baca Juga: Korban Banjir Bertambah Jadi 53 Orang Tewas dan 1 Hilang

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini