Lestarinya Stasiun Tua dan Bersejarah Indonesia

Khafid Mardiyansyah, Okezone · Sabtu 04 Januari 2020 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 03 337 2149033 lestarinya-stasiun-tua-dan-bersejarah-indonesia-vQW8QKCGfX.jpg Stasiun Malang Kota Lama (Foto: KAI)

KEBANYAKAN stasiun di Indonesia merupakan peninggalan Belanda yang masih terawat dengan baik. Sebagian besar di antaranya bahkan ada yang masuk kategori cagar budaya yang wajib dirawat.

Namun, di balik kokohnya gedung tua di antero Indonesia itu, ada segudang aktivitas masyarakat yang hiruk pikuknya membangun perekonomian Indonesia.

Lipsus Okezone kali ini akan mengangkat sedikitnya tujuh stasiun tua dan bersejarah yang ada di Indonesia, yakni Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Manggarai, Stasiun Depok Lama, Stasiun Bogor, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Malang Kota Lama, dan Stasiun Cirebon

Stasiun Jakarta Kota

Stasiun jakarta Kota (Okezone)

Stasiun itu sebelumnya dikenal dengan nama "Beos", yang digunakan pada era 1880-an dan kini sudah mengalami renovasi bangunan. Stasiun Jakarta Kota akhirnya ditetapkan sebagai cagar budaya melalui surat keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tahun 1993.

Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai

Stasiun ini sangat bersejarah karena menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia. Pada tanggal 3 Januari 1946, kereta luar biasa (KLB) mengangkut rombongan Presiden Soekarno ke Kota Yogyakarta. Di sini, berbagai persiapan sangat rahasia dilakukan.

Stasiun Depok Lama

Stasiun Depok merupakan salah satu stasiun tertua di wilayah Jabodetabek. Stasiun Depok dibangun pada saat pembangunan Jalur Kereta Batavia-Buitenzorg di tahun 1871.

Stasiun Bogor

Stasiun Bogor

Pada masa kolonial Belanda, stasiun ini bernama Station Buitenzorg, merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Cibogor, Bogor Tengah, Bogor, dan dibangun pada 1881. Stasiun Bogor kini menjadi stasiun terminus untuk perjalanan KRL Commuter Line yang melayani kawasan Jabodetabek

Stasiun Semarang Tawang

Stasiun Semarang Tawang adalah salah satu stasiun tertua di Indonesia yang masih menjadi tempat naik turun penumpang. Stasiun ini pertama kali diresmikan pada tahun 1914. Sekarang, Stasiun Semarang Tawang menjadi lokasi pemberhentian kereta api kelas eksekutif dan bisnis.

Stasiun Malang Kota Lama

Stasiun Malang Kota Lama

Stasiun Malang Kota Lama. Ini adalah stasiun kereta api tertua di Kota malang yang dibangun pada tahun 1879. Inilah stasiun yang menjadi persinggahan banyak traveler yang ingin mencicipi serunya bertualang di Kota Malang.

Stasiun Cirebon

Stasiun Cirebon

Gedung Stasiun Cirebon yang sekarang ini dibangun pada tahun 1920 berdasarkan karya arsitek Pieter Adriaan Jacobus Moojen. Saat ini stasiun ini melayani pemberhentian kereta api kelas eksekutif, kelas bisnis, dan kelas campuran yang melewati Kota Cirebon

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini