Wakil Ketua Umum MUI Yunahar Ilyas Meninggal Dunia

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 03 Januari 2020 03:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 03 337 2148723 wakil-ketua-umum-mui-yunahar-ilyas-meninggal-dunia-FBVMXcTiAl.jpg Wakil Ketua Umum MUI Yunahar Ilyas. (MUI)

JAKARTA – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Yunahar Ilyas meninggal dunia pada Kamis 2 Januari 2020 sekira pukul 23.47 WIB. Ketua PP Muhammadiyah itu tutup usia di Rumah Sakit Sarjito Yogyakarta.

“Innalilahi wainna ilaihi rajiun, telah meninggal dunia Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas,Lc Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 2 Januari pukul 23.47 di RS Sarjito Yogyakarta,” kata Ketua PP Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman dalam laman muhammadiyah.or.id yang dikutip Okezone, Jumat (3/1/2020).

Ia menjelaskan, penyebab kesehatan Yunahar menurun lantaran fungsi ginjalnya sudah tidak berjalan secara optimal. Kemarin sempat direncanakan untuk menjalani pencangkokan ginjal, namun nasib berjalan lain.

"Namun karena kondisi Prof Yun menurun kemudian dirawat di ICU," katanya.

Agus mengaku dedikasi Yunahar terhadap perkembangan dunia dakwah di Tanah Air begitu terasa hingga detik-detik terakhir yang bersangkutan menghadap ke pangkuan illahi. "Bahkan dalam kondisi kurang sehat pun beliau masih aktif berdakwah. Kajian dan karya-karya beliau selalu menginspirasi kami generasi di bawah beliau," ujarnya.

Sebagai informasi, Yunahar yang merupakan putra Bukittinggi kelahiran 22 September 1956 ini menjadi anggota Muhammadiyah sejak 1986. Selama di Muhammadiyah, ia pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah periode 2000-2005 dan pada periode 2005-2010 menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah.

Di luar Muhammadiyah, Yunahar tercatat sebagai salah satu unsur ketua di Majelis Ulama Indonesia Pusat. Sehari-hari, bekerja sebagai Dosen atau Guru Besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak 1987.

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini