Pesan Kemenkes untuk Para Pengungsi Korban Banjir

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Kamis 02 Januari 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 02 337 2148572 pesan-kemenkes-untuk-para-pengungsi-korban-banjir-x6OZ6e93QL.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

HUJAN deras yang mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) telah menyebabkan genangan banjir di banyak titik. Bahkan di Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat, genangan banjir sempat dilaporkan hingga setinggi dada orang dewasa. Meskipun sudah diungsikan, namun masih banyak masyarakat yang mengeluh akan sanitasi bersih yang kurang memadai.

Tentunya sanitasi yang kurang bersih ini akan menimbulkan risiko menularnya penyakit kepada para pengungsi. Menanggapi kondisi tersebut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Anung Sugihantono pun memberikan komentarnya terkait masalah sanitasi bersih yang menjadi masalah baru bagi masyarakat terdampak banjir.

banjir

“Kemenkes tidak bekerja sendiri, pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan air bersih dan sanitasi kit untuk masyarakat yang dapat digunakan dalam kondisi darurat banjir,” ucap Dokter Anung saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis (2/1/2020).

Lebih lanjut pria asal Temanggung, Jawa Tengah itu menganjurkan masyarakat untuk menggunakan air bersih yang disediakan (meski terbatas) seperlunya saja untuk kebutuhan minimal. Masyarakat bersama pemerintah daerah, dan para relawan diharapkan bisa berbenah dan bergotong-royong memperbaiki sumber air bersih yang tercemar banjir.

banjir

Sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi penularan penyakit selama banjir, Dokter Anung pun mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri selama bencana banjir masih berpotensi meneror Jabodetabek.

Dokter Anung juga membagikan tips hidup bersih yang bisa diterapkan oleh masyarakat terdampak banjir. Seperti apa?

pengungsi banjir

“Pemerintah melalui Kemenkes menganjurkan untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat, baik yang tinggal di rumah yang kebanjiran ataupun di pengungsian. Cuci tangan dengan sabun menggunakan air bersih menjadi hal utama, tidak mengonsumsi air mentah atau tidak direbus adalah hal lain yang harus dilakukan di samping selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini