DPR Desak BNPB dan Kemensos Lebih Siap Hadapi Banjir 2020

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 02 Januari 2020 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 02 337 2148346 dpr-desak-bnpb-dan-kemensos-lebih-siap-hadapi-banjir-2020-OXVFUn37QZ.jpeg Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mendesak agar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Sosial (Kemensos) lebih siap dalam menghadapi banjir di musim penghujan tahun 2020. Terutama, kata Ace, daerah Jabodetabek yang paling terdampak banjir.

"Saya mendesak kepada BNPB, Kementerian Sosial, BPBD dan Dinas Sosial di masing-masing daerah untuk siap siaga menghadapi banjir yang hampir merata di berbagai daerah, terutama di daerah Jabodetabek," kata Ace kepada Okezone, Kamis (2/1/2020).

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kata Ace, curah hujan yang tinggi menjadi penyebab banjir di sejumlah titik di Jabodetabek dan Banten, pada awal tahun 2020.

 Banjir Jakarta

Politikus Golkar tersebut meminta agar BNPB dan Kemensos siap siaga dalam mengantisipasi banjir di tahun 2020. Terlebih, puncak musim penghujan di 2020 akan terjadi pada bulan Februari.

"Menurut prediksi BMKG disebabkan tingginya curah hujan. Bahkan BMKG mengatakan bahwa puncak curah hujan tinggi akan terjadi pada bulan Februari 2020. Ini artinya kemungkinan bencana banjir tetap harus diwaspadai," kata Ace.

Selain itu, Ace juga berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) yang wilayahnya terdampak banjir untuk mempersiapkan posko-posko yang ditujukan sebagai tempat mengungsi warga. Sebab, warga yang rumahnya terdampak banjir sangat membutuhkan posko untuk beristirahat.

"Kementerian Sosial dan Dinas Sosial juga diharapkan untuk menyediakan kebutuhan logistik dasar sseperti makanan, minuman, juga pelayanan kesehatan untuk warga yang menjadi korban banjir," imbuhnya.

 Banjir Jakarta

Ace mengapresiasi kinerja BNPB dalam mengupdate bencana banjir di awal tahun 2020. Kendati demikian, tekan Ace, laporan serta informasi bencana harus dibarengi dengan kecepatan evakuaai.

"Sejauh yang saya amati, BNPB sudah sangat baik bekerja untuk mengabarkan dan memantau perkembangan bencana banjir. Tapi tentu soal evakuasi dan penanganan banjir ini tdk bisa dilakukan BNPB semata, diperlukan koordinasi dengan BPBD dan Kemensos serta Dinas Sosial," katanya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini