nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KKSB yang Buat Satu Prajurit TNI Gugur Sering Kabur ke Papua Nugini

Edy Siswanto, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 19:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 30 337 2147562 kksb-yang-buat-satu-prajurit-tni-gugur-sering-kabur-ke-papua-nugini-C2FBkLA80i.jpg Ilustrasi

JAYAPURA - Usai kontak tembak antara Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dan anggota Satgas Yonif 713/Satya Tama yang mengakibatkan satu anggota gugur. Korem 172/ Prada Wira Yakni akan berkoordinasi dengan Pemerintah Papua Nugini untuk melakukan pengejaran.

"Kita melakukan penyisiran, namun kalau mereka melarikan diri ke Papua Nugini, maka kita melakukan upaya untuk melakukan negosiasi dengan Pemerintah PNG untuk melokalisir kelompok-kelompok bersenjata yang sering menganggu di perbatasan negara Indonesia," ungkap Danrem172/PWY, Kolonel Inf Bintara Sianipar, Senin (30/12/2019).

Diakui Danrem, beberapa waktu silam markas kelompok separatis di Papua Nugini pernah dihancurkan oleh pemerintah setempat, namun saat ini kelompok yang diinisialkan sebagai kelompok JP oleh Danrem ini diduga berpindah tempat dan melakukan penyusunan kekuatan.

Baca Juga: Baku Tembak dengan KKSB, Seorang Prajurit TNI Gugur

"Dulu pernah ada, dan dihancurkan pemerintah. Namun sekarang ada lagi, mereka berpindah lokasi, namun masih di wilayah perbatasan," kata Danrem.

Diakuinya, kendala yang dihadapi, yakni kelompok separatis berlindung di Papua Nugini, sehingga untuk melakukan upaya penegakan hukum menjadi lebih rumit.

"Kendala kita itu, saat mereka yang melakukan gangguan keamanan lari ke PNG, maka itu persoalan kita, dan harus lagi berkoordisi dengan Pemerintah PNG," ungkapnya.

Ilustrasi

Almarhum Serda Inf. Miftachur Rahmat, anggota Satgas Yonif 714/Satya Tama yang gugur dalam kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di wilayah Perbatasan Republik Indonesia Papua Nugini, di Daerah Bewan - Kali Asin Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom, kini disemayamkan di Ruang Jenazah RS TNI Marthen Indey di Jayapura. Almarhum adalah anggota Pos Udara Kali Asin Satgas Yonif 713/ST.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini