Share

Perjalanan Ahmad Dhani, Masuk Penjara karena Kicauan hingga Bebas

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 30 Desember 2019 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 30 337 2147472 perjalanan-ahmad-dhani-masuk-penjara-karena-kicauan-hingga-bebas-ZDdmpTKoFQ.jpg Ahmad Dhani (Foto: Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA - Musisi Ahmad Dhani telah bebas setelah menjalani hukuman setahun penjara atas kasus ujaran kebencian. Setelah keluar dari Lapas Cipinang, Jakarta Timur, politikus Partai Gerindra itu diarak massa pendukung hingga ke rumahnya.

Dhani keluar dari Lapas Cipinang, Senin (30/12/2019) pukul 09.30 WIB. Istri pentolan grup Dewa 19 itu, Mulan Jameela juga ikut menjemput bersama ketiga anaknya Al Gazali, El Rummi, dan Ahmad Dul Zaelani.

Naik mobil unimog atau bak terbuka, Dhani bergegas menuju kediamannya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Dhani terlihat berdiri dengan mengenakan kaos dan peci hitam sambil mengacungkan jari telunjuk dan jempolnya.

Baca Juga: Bebas dari Penjara, Ahmad Dhani Langsung Pulang ke Rumah

Kasus yang membuat Dhani mendekam di penjara bermula dari cuitan Twitter @AHMADDHANIPRAST pada 9 Maret 2017. Dhani mencuit soal penista agama, yang memicu pelaporan pendiri BTP Network, Jack Boyd Lapian.

Ahmad Dhani bebas

Mereka kelompok pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat saat Pilkada DKI Jakarta 2017. Pelaporan terhadap Dhani karena dianggap telah melakukan ujaran kebencian.

Dhani diduga melangga Pasal 28 Ayat (2) juncto Pasal 45 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Penyidik Polres Jakarta Selatan akhirnya menetapkan Dhani sebagai tersangka ujaran kebencian pada 30 November 2017.

Pelantun lagu 'Laskar Cinta' itu menjalani persidangan pada 16 April 2018 untuk pembacaan dakwaan. Dhani pun dituntut 2 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) PN Jakarta Selatan pada 26 November 2018. 

Dalam perjalanan kasus tersebut, pria kelahiran 1972 itu turut dicegah bepergian ke luar negeri, hingga akhirnya pada 28 Januari 2019, Dhani menjalani sidang putusan di PN Jakarta Selatan.

Baca Juga: Senyum Lebar dan Acungan Salam 2 Jari Ahmad Dhani saat Bebas

Dhani terbukti melanggar tindak pidana dengan sengaja menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan melalui kicauannya di media sosial. Majelis hakim pun menjatuhkan vonis 1,5 tahun penjara lebih ringan dari tuntutan JPU.

Dhani tak patah arang. Ia mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan diputus pada 13 Maret 2019. Hukumannya dipangkas menjadi satu tahun penjara dan ia menjalani masa tahanan di Lapas Cipinang, Jakarta hingga akhirnya bebas hari ini.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini