Ahmad Dhani Bebas, tapi Masih Jalani Hukuman Percobaan Kasus 'Idiot'

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 30 Desember 2019 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 30 337 2147352 ahmad-dhani-bebas-tapi-masih-jalani-hukuman-percobaan-kasus-idiot-iQBZCdpnQp.jpg Bebas dari penjara, Ahmad Dhani tinggalkan Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Senin (30/12/2019). (Foto : Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA – Dhani Ahmad Prasetyo alias Ahmad Dhani bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur, hari ini, setelah menjalani setahun penjara atas kasus ujaran kebencian. Musikus yang juga politikus Partai Gerindra ini masih harus menjelani hukuman percobaan atas kasus ‘vlog idiot’.

Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Ade Kusmanto, mengatakan, Ahmad Dhani bebas, Senin (30/12/2019) setelah menjalani masa hukuman penjara satu tahun dipotong remisi satu bulan.

"Dhani Ahmad dibebaskan karena telah habis menjalani masa pidana pertamanya selama satu tahun dengan keputusan MA no 2048K/PID.Sus/2019 tanggal 28/01/219 dan mendapatkan remisi umum susulan 2019 sebesar 1 bulan," kata Ade kepada Okezone, Senin (30/12/2019).

Ahmad Dhani Hirup Udara Segar Hari Ini

Kendati telah bebas dari pidana ujaran kebencian, Ahmad Dhani masih harus menjalani pidana hukuman percobaan selama enam bulan atas kasus pencemaran nama baik atau 'vlog idiot'.

"Sementara pidana keduanya akan dijalani dimulai tanggal 30 Desember 2019 sampai 29 Juni 2020 selama 6 bulan pidana percobaan yang akan diawasi Kejari Surabaya," ujar Ade.

Dalam kasus ini, Ahmad Dhani terjerat dua kasus berbeda. Kasus pertama ujaran kebencian melalui Twitternya. Ada tiga cuitan pentolan grup band Dewa 19 ini yang kemudian dinyatakan mengandung unsur ujaran kebencian dan melanggar Undang-Undang ITE.

Pada Senin 28 Januari 2019, Ahmad Dhani divonis oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan satu tahun enam bulan penjara, lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni dua tahun penjara.

Ahmad Dhani kemudian banding. Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengabulkan permohonan suami Mulan Jameela dengan mengurangi hukuman enam bulan, jadi tersisa setahun penjara.

Pakai Kemeja Putih dan Berpeci Hitam, Ahmad Dhani Jalani Sidang Kedua di PN Surabaya

Sementara kasus kedua menjerat Ahmad Dhani adalah pencemaran nama baik melalui vlognya. Ahmad Dhani diganjar hukuman satu tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Surabaya.


Baca Juga : Ahmad Dhani Bebas dari Penjara

Dhani mengajukan banding. Pengadilan Tinggi Jawa Timur mengabulkan dengan mengurangi hukumannya jadi tiga bulan penjara dengan masa percobaan enam bulan.

Namun, Dhani tidak perlu menjalani hukuman penjara. Dia akan dieksekusi ke sel jika dalam masa percobaan tersebut melakukan kesalahan yang sama.


Baca Juga : Bebas dari Penjara, Ahmad Dhani Langsung Pulang ke Rumah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini