PKS Pastikan Belum Ada Komunikasi soal Dukungan "Lingkaran Istana" di Pilkada

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 30 Desember 2019 05:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 30 337 2147262 pks-pastikan-belum-ada-komunikasi-soal-dukungan-lingkaran-istana-di-pilkada-5D4dpW1TIW.jpg Gibran, Bobby, Siti (Foto: Okezone)

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memastikan belum ada komunikasi yang intensif untuk memberikan dukungan kepada tiga bakal calon dari lingkaran Istana yang maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Tiga bakal calon dari lingkaran Istana tersebut antara lain menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution yang maju di Pilwalkot Medan; putri Wapres KH Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah di Pilwalkot Tangsel; dan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Pilwalkot Solo.

"Sejauh ini nama-nama seperti Bobby, Azizah dan Gibran baru sebatas masuk dalam pantauan. Belum ada komunikasi yang intensif terkait pencalonan oleh PKS," kata Sekretaris Bidang Polhukam DPP PKS, Suhud Alynudin saat dihubungi Okezone, Senin (30/12/2019).

Suhud
(Foto: Suhud Alynudin/Okezone)

Baca Juga: Megawati Diprediksi Berikan Restu ke Gibran Maju di Pilkada Solo 2020

Suhud menerangkan, pada prinsipnya untuk pilkada level kota dan kabupaten, DPP PKS menyerahkan sepenuhnya proses komunikasi politik kepada kader dan pengurus DPD dan DPW.

Dia menuturkan, calon kepala daerah biasanya diusulkan oleh kader dan pengurus daerah melalui pemilihan internal, baik calon dari internal (kader) maupun eksteranal.

"Kami mengutamakan kader untuk dicalonkan sebagai kepala daerah. Jika tidak ada calon yang dianggap layak, maka barulah kami membuka kemungkinan calon dari luar," terang Suhud.

Sekadar informasi, geliat Pilkada 2020 semakin terasa menjelang pergantian tahun. Tiga bakal calon kepala daerah dari lingkaran Istana sudah mulai bermanuver ke elite politik maupun masyarakat. Itu dilakukan demi mendapatkan dukungan.

Misalnya saja, Bobby Nasution yang maju di Pilwalkot Medan, dan Azizah Ma'ruf yang maju di Pilwalkot Tangsel, keduanya telah sowan ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Namun, pertemuan tersebut belum membicarakan dukungan.

Sementara itu, Gibran tampak sudah melancarkan blusukan ke masyarakat.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini