nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bela Muslim Uighur, Massa FPI Demo Kedubes China di Jakarta

Maulidia, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 17:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 27 337 2146689 bela-muslim-uighur-massa-fpi-demo-kedubes-china-di-jakarta-OuPpDx6Ea8.jpg Demo bela Uighur di depan Kedubes China di Jakarta (Okezone.com/Maulidia)

JAKARTA – Massa Front Pembela Islam (FPI) berunjuk rasa di depan Gedung Kedutaan Besar China di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019). Mereka mengecam dugaan tindakan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap etnis Muslim Uighur di Xianjiang, China.

Dalam aksinya, massa Bela Uighur mengusung poster dan spanduk bertuliskan pesan solidaritas kepada Muslim Uighur. Mereka menuntut pemerintahan China tidak membatasi HAM Muslim Uighur.

"Inti dari aksi demo ini menginginkan agar ada pergerakan dari pemerintah China untuk pembebasan warga Muslim Uighur," ujar Budi (30), seorang pengunjuk rasa yang datang dari Kota Bandung ke Jakarta Bandung saat ditemui Okezone di depan Kedubes China.Uighur

Demo soal Uighur di depan Kedubes China (Okezone)

Perwakilan massa bergantian berorasi di atas mobil komando menyampaikan aspirasinya. Massa berdemo di tengah guyuran hujan.

Baca juga: MUI: Kalau Indonesia Diam atas Masalah Uighur, Hapus Saja Mukadimah UUD 45

"Sesungguhnya orang Indonesia sangat anti-terhadap penjajah, satu keyakinan, satu komitmen rakyat Indonesia adalah rakyat anti-penjajahan di atas muka bumi harus dihapuskan,” kata Ketua Umum FPI Sobri Lubisalam orasinya.

Dia mengajak umat Islam membela Muslim Uighur yang dinilai hak-haknya sedang dibatasi oleh pemerintah setempat. “Kita wajib membela Muslim Uighur,” ujarnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini