Pemerintah Cari Kelompok Abu Sayyaf yang Culik WNI

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 27 Desember 2019 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 27 337 2146663 pemerintah-cari-kelompok-abu-sayyaf-yang-culik-wni-95fz9dW12Z.jpg Menlu Retno Marsudi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan, pemerintah Indonesia dengan Filipina terus berkoordinasi untuk mencari keberadaan kelompok Abu Sayyaf yang masih menyandera satu orang WNI.

"Kita masih terus berkoordinasi dengan pemerintah dan otoritas Filipina mengenai keberadaannya dulu," kata Retno usai rapat di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Ilustrasi

"Yang penting sebelum tahu kondisinya, keberadaannya ada di mana, karena mereka kan seperti biasa berpindah-pindah terus," sambung dia.

Sekadar informasi, tiga WNI sempat disandera oleh kelompok Abu Sayyaf 24 September 2019. Perkembangan terbaru, dua WNI telah berhasil dibebaskan pada 22 Desember 2019.

Baca Juga : Eks Dirkeu & Mantan Dirut Jiwasraya Dicegah ke Luar Negeri

"Alhamdulillah dapat dibebaskan WNI dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf berdasarkan kerjasama Indonesia Filipina ada bukti nyata bahwa Filipina dengan sungguh dan serius mencari sampai bebaskan WNI oleh kelompok Abu Sayyaf," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra.

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud MD sebelumnya menyatakan, upaya pembebasan yang diwarnai kontak senjata itu menewaskan dua anggota kelompok Abu Sayyaf dan seorang prajurit militer Filipina.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini