nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pimpinan KPK Telusuri Rekam Jejak Pegawainya untuk Dijadikan Jubir

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 10:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 27 337 2146513 pimpinan-kpk-telusuri-rekam-jejak-pegawainya-untuk-dijadikan-jubir-ssCDticvPi.jpg Gedung KPK. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, mengaku sedang mencari Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara (Jubir) pengganti Febri Diansyah. Pimpinan KPK mencari pegawainya yang kompeten untuk mengisi sementara kekosongan jabatan Jubir KPK.

Firli meyakini ada banyak pegawai KPK yang berkompeten untuk menjabat sebagai Plt Jubir. Oleh karena itu, kata Firli, para pimpinan akan menelusuri rekam jejak para pegawainya untuk dijadikan Jubir sementara KPK.

"Sabar, kan kita cari Plt Jubir KPK, masa sih dari 1.641 pegawai KPK tidak ada (yang kompeten-red), pasti adalah. Tapi kan 5 pimpinan harus menilai-nilai, menelusuri rekam jejak," kata Firli kepada Okezone, Jumat (27/12/2019).

Firli menyatakan tidak ingin tergesa-gesa dalam mencari sosok pengganti Febri Diansyah untuk sementara waktu. Kata Firli, perlu ada keputusan bersama lima pimpinan untuk menentukan sosok yang tepat menjabat Plt Jubir KPK.

"Kita ambil putusan bersama secara bulat," katanya.

Senada dengan Firli, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan akan mendiskusikan soal pengganti sementara Jubir lembaga antirasuah dengan pimpinan lainnya, hari ini. Ia belum dapat memastikan apakah Plt Jubir KPK akan ditentukan pada hari ini atau tidak.

"Insya Allah segera kami diskusikan," singkat Nawawi dikonfirmasi terpisah.

Mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Foto : Okezone.com)

Febri resmi mundur dari jabatannya sebagai Jubir KPK pada Kamis, 26 Desember 2019. Ia hanya akan menjabat sebagai Kabiro Humas KPK setelah adanya polemik rangkap jabatan yang dipersoalkan pimpinan KPK periode 2019-2023.

Jabatan Jubir KPK saat ini masih kosong dan nantinya dilelang serta diseleksi ulang oleh pimpinan periode 2019-2023. Febri berharap siapapun sosok penggantinya sebagai Jubir, dapat membuat KPK tetap terbuka di depan publik.


Baca Juga : Pimpinan KPK Segera Tunjuk Plh Jubir Pengganti Febri Diansyah

"Harapannya, siapapun nanti yang menjadi Juru Bicara KPK, siapapun nanti yang akan mengisi posisi ini, saluran komunikasi publik sebagai tools atau sebagai sarana pertanggungjawaban kerja KPK pada masyarakat, kami harapkan itu masih menjadi frame dan konsep berpikir yang clear," ujar Febri.


Baca Juga : Berstatus Polisi Aktif, Firli Bahuri: Saya Sudah Tak Memiliki Jabatan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini