PDIP: Ada 3 Pelajaran Bisa Diambil dari Kasus Ratna Sarumpaet

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 27 Desember 2019 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 27 337 2146473 pdip-ada-3-pelajaran-bisa-diambil-dari-kasus-ratna-sarumpaet-igutxIQX8o.jpg Ratna Sarumpaet saat bersidang di PN Jaksel (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno menilai ada tiga pelajaran yang bisa dipetik seluruh masyarakat Indonesia dari kasus penyebaran hoaks atau berita bohong, yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet.

Salah satunya adalah tetap menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia di tengah sengitnya persaingan politik.

"Meski panggung politik penuh persaingan, kita tetap harus mengutamakan semangat persaudaraan sebagai sesama anak bangsa," kata Hendrawan kepada Okezone di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Ia menambahkan, setiap orang harus memegang teguh nilai-nilai kejujuran di dalam kehidupannya, karena itu akan menentukan apakah dia seseorang yang berintegritas atau tidak.

"Kita tak menduga seseorang yang pernah menyandang predikat seniman bahkan budayawan, bisa terjebak skenario politik yang ganas," ujar Hendrawan.

Ratna Sarumpaet

Selanjutnya, kata dia, pihaknya mengimbau kepada setiap insan agar selalu mengedepankan akal sehat di dalam menjalankan peran publiknya.

"Sebagai bangsa kita tidak boleh jatuh dan ikut arus perbudakan dogma dan pendangkalan akal budi," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Ratna telah bebas dari masa hukuman penjaranya pada Kamis 26 Desember 2019. Ia akan segera keluar dari Lapas Perempuan Kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur. Ratna dibebaskan setelah permohonan pembebasan bersyaratnya dikabulkan ditambah remisi hari raya Idul Fitri dan 17 Agustus oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Hamonganan Laoly.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini