nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anggota Komisi III DPR: Idealnya Posisi Ketua KPK Setara Kapolri dan Jaksa Agung

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 07:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 27 337 2146463 anggota-komisi-iii-dpr-idealnya-posisi-ketua-kpk-setara-kapolri-dan-jaksa-agung-1XFRvemlo1.jpg Gedung KPK. (Foto: Okezone.com/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI, Taufik Basari angkat bicara terkait polemik Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Firli Bahuri yang hingga kini statusnya masih sebagai seorang polisi aktif. Menurut dia, idealnya posisi pimpinan lembaga antirasuah itu setara dengan aparat penegak hukum lainnya, yaitu Kapolri dan Jaksa Agung.

Seperti diketahui, dalam Surat Telegram Kapolri ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan Jumat 6 Desember 2019, Kabaharkam yang saat ini dijabat oleh Komjen Firli Bahuri akan digantikan oleh Irjen Agus Andrianto yang kini menduduki Kapolda Sumatera Utara. Sementara itu, Komjen Firli akan menjabat Analis Kebijakan (Anjak) Utama Baharkam Polri.

“Yang jelas harapannya antara (pimpinan) KPK, kepolisian dan kejaksaan dalam posisi yang setara. Harapannya ke depannya bisa bersinergi,” kata Taufik kepada Okezone, Jumat (27/12/2019).

Firli Bahuri. (Foto: Harits Tryan/Okezone)

Ia menyebut bahwa tak ada aturan atau regulasi yang mengharuskan seorang pejabat kepolisian untuk menanggalkan statusnya di kepolisian ketika sudah resmi menjadi pimpinan KPK.

“Memang belum ada aturan yang jelas terkait dengan posisi pimpinan KPK dengan jabatan sebelumnya. Tapi memang semestinya, kita harapkan yang jadi pimpinan KPK itu bisa mempunyai posisi yang sama dengan aparat penegak hukum lainnya,” ujarnya.

Politikus Partai NasDem itu tak ingin berspekulasi soal keputusan Firli yang tak ingin mundur dari kepolisian, rentan terjadinya sebuah konflik kepentingan. Sebab, jika sudah masuk ke ranah itu, maka dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing.

“Kalau soal konflik kepentingan tinggal koordinasi di antara ketiga instansi ini,” katanya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini