nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahfud MD Klaim Sudah Lakukan Pendekatan Komprehensif soal Papua

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 18:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 26 337 2146350 mahfud-md-klaim-sudah-lakukan-pendekatan-komprehensif-soal-papua-9B4wMjjEGq.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (foto: Okezone.com/Dede)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pemerintah tidak akan melakukan pendekatan keamanan semata untuk menyelesaikan persoalan di Papua.

Menurutnya, pendekatan secara komprehensif yang meliputi aspek sosial, kebudayaan, ekonomi, pendidikan, hukum hingga keamanan akan dilakukan untuk menyelesaikan persoalan di Bumi Cendrawasih tersebut.

"Disitu kita juga melakukan penekanan yang disampaikan oleh Presiden. Pemerintah akan menelakukan pendekatannya komprehensif, ekonomi, kebudayaan, pendidikan, hukum akan lebih disinergikan," ujar Mahfud dalam jumpa pers "Refleksi Akhir Tahun" di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).

 Baca juga: Mahfud MD Sebut Usulan Pemekaran Papua Masih Belum Matang

Kendati demikian, Mahfud memastikan pendekatan keamanan akan terus dilakukan meskipun diselingi oleh pendekatan lainnya. Khusus untuk merespons gerakan separatis semacam OPM, pemerintah dan aparat memang harus melakukan pendekatan keamanan.

"Yang separatis dihadapi sebagai separatis kan gitu. Kan konyol sebuah negara lalu tidak melakukan pendekatan keamanan. Seaman apapun sebuah negara pasti ada aparat keamanan," tandas dia.

 Baca juga: Stabilitas di Papua Dinilai Tak Terlepas dari Peran BIN

Negara yang terbilang aman saja disebut memerlukan pendekatan keamanan. Itu ditandai dengan siaganya pasukan kepolisian. Karena itu, untuk merespons persoalan Papua, pendekatan keamanan dan lainnya akan terapkan.

"Aparat negara harus ada pertahanan keamanan itu. Tapi kita pendekatan kesejahteraan tetap akan melindungi rakyat," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini