nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berstatus Polisi Aktif, Firli Bahuri: Saya Sudah Tak Memiliki Jabatan

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 18:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 26 337 2146337 berstatus-polisi-aktif-firli-bahuri-saya-sudah-tak-memiliki-jabatan-RylI142p3d.jpg Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengakui sampai saat ini masih aktif sebagai perwira Polri atau polisi aktif.

Kendati demikian, Firli menegaskan, dirinya tidak memiliki jabatan apapun di internal Korps Bhayangkara. Firli diketahui menjabat Analis Kebijakan (Anjak) Utama Baharkam Polri saat ini.

"Saya sejak tanggal 19 Desember sudah tidak memiliki jabatan. Jelas ya," kata Firli di Aula Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

Menurut Firli, tentunya posisi itu bukanlah jabatan yang strategis di Polri. Sehingga, kata dia, tidak ada hal yang bertentangan dengan aturan hukum.

"Itu bukan jabatan," ujar polisi berpangkat jenderal bintang tiga tersebut.

Karo Penmas Divis Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono

Di sisi lain, Karo Penmas Divis Humas Polri Argo Yuwono menyebut, meskipun Firli telah menjadi orang nomor satu di lembaga antirasuah, tidak ada aturan yang mengatur untuk Firli mundur sebagai perwira aktif kepolisian.

"Tidaklah, itu kan semuanya ada aturan semuanya," tutur Argo.


Baca Juga : Status Ketua KPK Firli Bahuri Masih Sebagai Polisi Aktif

Dalam Surat Telegram Kapolri ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan Jumat 6 Desember 2019, Kabaharkam yang saat ini dijabat Komjen Firli Bahuri akan digantikan Irjen Agus Andrianto yang kini menduduki Kapolda Sumatera Utara.

Sementara itu, Komjen Firli akan menjabat Analis Kebijakan (Anjak) Utama Baharkam Polri. Diketahui, Firli Bahuri resmi dilantik sebagai Ketua KPK periode 2019-2023 pada 20 Desember.


Baca Juga : Firli Bahuri : Semua Orang Boleh Jadi Juru Bicara KPK

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini