Prabowo Bakal Temui Menhan Filipina Bahas Pembebasan WNI yang Disandera Abu Sayyaf

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 24 Desember 2019 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 24 337 2145728 prabowo-bakal-temui-menhan-filipina-bahas-pembebasan-wni-yang-disandera-abu-sayyaf-sveymggRN6.jpg Menhan Prabowo Subianto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana untuk membahas operasi pembebasan seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih ditawan kelompok Abu Sayyaf.

Sebanyak tiga orang WNI disandera milisi Abu Sayyaf. Dua di antaranya telah berhasil dibebaskan militer Filipina. Sedangkan seorang lainnya hingga kini masih disembunyikan oleh kelompok tersebut.

"Pak Prabowo akan bertemu dengan Menhan Filipina di Manila beberapa hari ke depan untuk membahas hal tersebut," kata Juru Bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (24/12/2019).

Pertemuan itu, kata Dahnil, sekaligus untuk mengucapkan terimakasih kepada Filipina karena telah membantu pembebasan dua orang WNI yang disandera kelompok abu Sayyaf.

"Juga bicara tindaklanjut berikutnya terkait dengan langkah-langkah untuk mencegah kembali terulang penculikan-penculikan terhadap nelayan Indonesia, termasuk bicara dengan Malaysia," ungkap Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Prabowo

Baca Juga: Pemerintah Fokus Bebaskan 1 WNI yang Disandera Abu Sayyaf di Filipina

Sekadar informasi, tiga WNI sempat disandera oleh kelompok Abu Sayyaf 24 September 2019 lalu. Perkembangan terbaru, dua WNI telah berhasil dibebaskan pada 22 Desember 2019.

"Alhamdulillah dapat dibebaskan WNI dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf berdasarkan kerjasama Indonesia Filipina ada bukti nyata bahwa Filipina dengan sungguh dan serius mencari sampai bebaskan WNI oleh kelompok Abu Sayyaf," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra.

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud Md sebelumnya menyatakan, upaya pembebasan yang diwarnai kontak senjata itu menewaskan dua anggota kelompok Abu Sayyaf dan seorang prajurit militer Filipina.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini