Ini Kata Jokowi soal Pemilihan Desain Ibu Kota 'Nagara Rimba Nusa'

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 24 Desember 2019 15:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 24 337 2145619 ini-kata-jokowi-soal-pemilihan-desain-ibu-kota-nagara-rimba-nusa-SPqc0QifoR.PNG Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan desain Ibu Kota di Kalimantan bertema ‘Nagara Rimba Nusa’ dari Urban+ telah terpilih sebagai pemenang sayembara. Menurutnya gagasan desain tersebut punya ciri khas yang membedakan dengan negara lain.

"Gagasannya tidak hanya baik, tapi juga punya pembeda dengan negara-negara lain," tulis Jokowi dalam akun resmi Instagramnya, Selasa (24/12/2019).

Nantinya para pemenang, juara satu, dua, dan tiga akan diajak langsung ke lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Dengan melihat lokasi, mereka akan mendapatkan pengalaman dan cita rasa terbaik untuk menyusun detail desain dimulai tahun 2020," papar dia.

Kepala Negara menerangkan, survei lapangan diperlukan untuk memastikan rancangan ibu kota telah sesuai rencana lokasi pembangunan prasarana dasar, seperti Bendungan Sepaku Semoi yang akan dibangun pada 2020, serta jalan dan drainase pada areal seluas 4-6 ribu hektare.

(Foto: Instagram Jokowi)

"Juga mempertimbangkan lingkungan sekitar, seperti habitat Bekantan, binatang dilindungi, yang menghuni hutan sekitar Teluk Balikpapan," ucapnya.

Sedangkan di unggahan sebelumnya, Jokowi mengatakan, dengan terpilihnya para pemenang sayembara desain ibu kota negara, publik telah memiliki bayangan tentang bagaimana rupa ibu kota baru Indonesia.

“Kita akan memulai suatu pekerjaan besar dan mengawali sejarah yaitu memindahkan ibu kota negara Republik Indonesia. Terima kasih kepada seluruh peserta sayembara dan selamat kepada para pemenang,” tulisnya.

(qlh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini