nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Menteri Agama Fachrul Razi soal Perayaan Natal 2019

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 24 Desember 2019 11:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 24 337 2145516 pesan-menteri-agama-fachrul-razi-soal-perayaan-natal-2019-KOZaMRIMZd.jpg Menteri Agama, Fachrul Razi (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Agama RI Fachrul Razi mengucapkan selamat Natal untuk umat Kristiani yang diperingati tiap 25 Desember. Fachrul berharap momentum ini dapat menjadi sarana untuk membangun kebersamaan bagi sesama umat manusia.

"Natal tahun ini mengusung tema 'Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang.' Dalam suasana Natal ini hendaknya kita memahami arti penting peringatan yang secara prinsip mengajarkan kebaikan, kesederhanaan, perhatian terhadap kaum lemah, dan cinta kasih pada sesama," ucapnya dalam video resmi yang dirilis Kemenag, Selasa (24/12/2019).

 Baca juga: KPK Fasilitasi Ibadat Natal untuk 18 Tahanan Umat Kristiani di Rutan

Fachrul menjelaskan, nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Yesus Kristus yang diyakini umat Kristiani tersebut, merupakan pembimbing moral bagi kehidupan umat pemeluknya untuk terwujudnya kehidupan damai dan sejahtera.

"Melalui semangat Natal 2019 ini, hendaknya umat Kristiani dapat mengambil hikmahnya bagi membangun kebersamaan, saling pengertian dan hidup secara harmonis dalam rumah besar bangsa Indonesia," tuturnya.

 Baca juga: 8.198 Personel Gabungan Siaga Amankan Gereja di Jakarta Pusat

Mantan Wakil Panglima TNI ini menerangkan, agama adalah sumber dari semua kebaikan dan tidak mengajarkan kekerasan. Apabila ternyata ada konflik dan kekerasan yang mengatasnamakan agama, pasti itu karena kekurang pahaman terhadap ajaran agama.

"Tuhan menurunkan kitab suci melalui Nabi dan Rasul terpilih, untuk menjadi pedoman dan panduan umatnya dalam mengamalkan nilai kebajikan di dalam kehidupan bersama," tukasnya.

Fachrul berpesan bahwa memberi kemudahan bagi pemeluk agama apapun untuk menjalankan ibadahnya dengan tenang, sudah menjadi budaya bangsa Indonesia sejak lama. Sebaliknya, bertenggang rasa untuk tidak melaksanakan sukacita ibadah secara berlebihan juga menjadi bagian dari budaya bangsa yang selalu menjadi pedoman.

"Toleransi dan tenggang rasa secara timbal balik itu adalah kata kunci dari praktik moderasi dan kerukunan beragama di Indonesia. Mengakhiri sambutan ini, saya Menag RI atas nama pemerintah ataupun sebagai pribadi, mengucapkan selamat merayakan Natal 25 Desember 2019 kepada segenap umat Kristiani Indonesia," ucap Fachrul.

"Semoga damai, sukacita dan kebahagiaan Natal senantiasa menyertai saudara dan membangkitkan semangat untuk mewujudkan kehidupan yang penuh damai dan bersahabat sebagaimana tema Natal kali ini, hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini