nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penjelasan Lion Air soal Kopilotnya Ditemukan Meninggal di Hotel

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 01:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 24 337 2145400 ini-penjelasan-lion-air-soal-kopilotnya-ditemukan-meninggal-di-hotel-hrPnasSkXU.jpg Ilustrasi penemuan jasad. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Maskapai Lion Air memberikan penjelasan resmi terkait kopilotnya Aryo Noor Faizal (41) yang ditemukan meninggal dunia di salah satu hotel di Pontianak, Kalimantan Barat. Ia diduga meninggal lantaran terkena serangan jantung.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan jenazah kopilot tersebut ditemukan di kamarnya dan dinyatakan meninggal oleh dokter sekira pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Kopilot Lion Air Ditemukan Meninggal di Hotel, Diduga Serangan Jantung 

Berdasarkan catatan rekam medisnya, kata Danang, sang kopilot memiliki catatan baik dari perilaku, kesehatan, dan kinerja.

"Tidak terlibat penggunaan narkoba serta obat-obat terlarang," kata Danang dalam keterangannya, Senin 23 Desember 2019.

Baca juga: Penumpang Lion Air Tujuan Surabaya Meninggal di Bandara Hasanuddin 

Ia mengatakan, kopilot tersebut terakhir melakukan pemeriksaan kesehatan pada 16 September. Berdasarkan pemeriksaan itu, ia dinyatakan sehat dan laik menerbangkan pesawat.

"Secara catatan rekam medis dilakukan pengecekan kesehatan pada 16 September 2019 dan dinyatakan sehat dan laik terbang (fit for flight)," tuturnya.

Adapun berdasarkan jadwal, kopilot tersebut rencananya akan kembali terbang ke Jakarta. Namun dalam penerbangan itu dirinya hanya sebagai penumpang.

"Sebagai extracrew yakni awak pesawat yang ikut dalam penerbangan tetapi tidak aktif (hanya sebagai penumpang)," tambahnya.

Baca juga: Ini 9 Faktor Penyebab Jatuhnya Lion Air di Karawang Hasil Investigasi KNKT 

Saat ini Lion Air sudah bekerja sama dan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memproses penanganan jenazah. Lion Air juga menyampaikan rasa duka mendalam karena kehilangan kopilotnya tersebut.

"Lion Air menyampaikan rasa duka yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya salah satu penerbang (kopilot) tersebut," tambahnya.

Baca juga: Kabut Asap Tebal, Lion Air Gagal Mendarat di Bandara Sultan Thaha Jambi 

"Lion Air tetap berupaya dan berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik dengan senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

"Lion Air menyatakan patuh dan menjalankan kebijakan regulator dan standar prosedur operasi perusahaan serta ketentuan internasional," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini