nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Imbauan Jelang Natal, PBNU: Jaga Kedamaian, Kebersamaan di Ruang Publik

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 06:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 23 337 2145025 imbauan-jelang-natal-pbnu-jaga-kedamaian-kebersamaan-di-ruang-publik-vZHMmQ4s8v.jpeg Ketua PBNU Marsudi Syuhud (Foto: Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta seluruh umat menjaga perdamaian dan kebersamaan di ruang publik. PBNU juga mengimbau agar jangan melakukan sweeping.

"Tetap menjaga kedamaian kebersamaan di ruang publik bersama-sama. Jaga ketentraman," kata Ketua PBNU, Marsudi Syuhud kepada Okezone, Senin (23/12/2019).

Baca Juga: Kapolri dan Panglima TNI Cek Pengamanan Natal di Sulut

Menurut Marsudi, masyarakat maupun organisasi masyarakat (ormas) apa pun jangan melakukan tindak-tindakan yang tidak perlu. Biarkan umat agama lain melaksanakan ibadah sesuai dengan kepercayaannya.

"Karena kita memahami "Lakum Dinikum waliadin", jadi enggak perlu ada sweeping-sweeping, ini sudah jelas sekali. Enggak perlu ada sweeping. Biarkan saja (mereka merayakan Natal)," tuturnya.

PBNU

Kemudian, Marsudi juga menyorot perkara ucapan Hari Natal kepada umat Nasrani yang merayakan. Hal ini sebaiknya jangan dijadikan penyebab terjadinya perselisihan.

"Bagi orang Islam yang tentang mengucapkan selamat Hari Natal. Bagi fahamnya tidak boleh mengucapkan silakan, yang penting tetap menghormati orang Kristiani, dan kami harapkan umat Kristiani jangan merasa ada yang kurang. Karena saya yakin bagi yang tidak ucapkan Natal pun bisa menghargai dengan cara yang lain," tuturnya.

Baca Juga: Antisipasi Kepadatan Lalin Libur Nataru, Fasilitas di Tol Japek Ditambah

Bagi umat Islam yang berfaham boleh ucapkan Natal, sambungnya, dipersilakan asalkan tetap menjaga tauhid, keimanan dan keyakinan. "Asalkan tetap menjaga ketauhidan, dan jangan dijadikan perselisihan kepada umat Islam yang tidak memperbolehkan ucapan Selamat Hari Natal," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini