Antisipasi Kepadatan Lalin Libur Nataru, Fasilitas di Tol Japek Ditambah

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 22 Desember 2019 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 22 337 2144828 antisipasi-kepadatan-lalin-libur-nataru-fasilitas-di-tol-japek-ditambah-oGZgr2Y35Y.jpg Ilustrasi kepadatan lalu lintas kendaraan di jalan tol. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA – Petugas Jasa Marga pada hari ini sekira pukul 08.20 WIB kembali melakukan sistem lawan arah (contraflow) mulai kilometer 47 sampai 61 Jalan Tol Jakarta–Cikampek (Japek) arah Cikampek. Situasi lalu lintas di sana ketika momen libur Natal dan Tahun Baru 2020 ini memang terpantau padat di beberapa titik.

Pemberlakuan contraflow tersebut atas diskresi kepolisian. "Dengan diberlakukannya contraflow ini diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di titik pertemuan Jalan Tol Japek Elevated dan Jalan Tol Japek di km 48 dan titik menjelang rest area di km 50," kata Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya, Minggu (22/12/2019).

Baca juga: Polri Libatkan Masyarakat Deteksi Ancaman Teror Nataru 

Petugas juga menyiagakan sejumlah personel serta rambu-rambu untuk mendukung kelancaran sistem contraflow guna menjaga keamanan pengguna jalan, terutama yang melintasi Jalan Tol Japek II Elevated.

Ia menerangkan, pihaknya juga menambah fasilitas seperti kendaraan layanan tol yang dilengkapi bensin dan radiator untuk mengantisipasi kendaraan kehabisan bahan bakar.

Baca juga: Libur Nataru, 90.348 Orang Sudah Diseberangkan ke Sumatera Via Pelabuhan Merak 

Selain itu, petugas menambah jumlah mobil derek khusus untuk jalan tol layang ini yang semula hanya empat unit menjadi enam.

"Saat mengalami kejadian darurat di jalan tol, hubungi call center Jasa Marga di mana pun pengguna berada yaitu di nomor 14080," paparnya.

Ia pun mengimbau seluruh pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara. "Patuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini