nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKS Keukeuh Tolak Adanya Dewan Pengawas KPK

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 21 Desember 2019 12:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 21 337 2144608 pks-keukeuh-tolak-adanya-dewan-pengawas-kpk-2IUXhVA7hp.jpg Diskusi Polemik MNC Trijaya di Jakarta "Babak Baru KPK" (foto: Okezone.com/Putera)

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap keukeuh menolak adanya dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang merupakan hasil dari revisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Politikus PKS Indra menjelaskan, penolakan itu bukan mengarah ke komposisi dari orang-orang yang mengisi posisi dewan pengawas tersebut, melainkan konsep dari adanya jabatan baru yang lahir dari revisi undang-undang tersebut.

"Bagi saya bukan personelnya yang bermasalah, tetapi konsepnya yang bermasalah. Ditakutkan kalau konsepnya bersamalah, personelnya juga akan ikut bermasalah," kata Indra dalam acara Polemik MNC Trijaya dengan tema "Babak Baru KPK" di Jakarta Pusat, Sabtu (21/12/2019).

 Baca juga: Mahfud MD: Dewas KPK Beri Efek Kejut, Mari Kita Dukung!

Selain itu, kata Indra, dengan adanya konsep dewas di KPK, penindakan yang dilakukan lembaga antirasuah akan melemah. Dia menyebut, harus izinnya tim KPK kepada dewas saat akan melakukan penindakan yang akan menjadi masalah.

"Kami tahu, tindak pidana korupsi ini terjadinya sangat cepat, bisa terjadi karena perencanaan maupun tidak, kalau harus izin dewas dan ketinggalan dalam menangkap maka pidananya akan hilang," ujar Indra.

 Baca juga: DPR Yakin Pimpinan KPK Jilid V dan Dewas Bekerja Sesuai UU

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik lima orang anggota Dewan Pengawas KPK. Mereka adalah Tumpak Hatorangan Panggabean resmi ditunjuk sebagai Ketua Dewas KPK. Selain itu, keempat orang Dewas KPK lainnya yakni Artijdo Alkostar, Albertina Ho, Syamsuddin Haris, dan Harjono.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini