Adanya Sosok yang Ditakuti Koruptor Diharap Kinerja KPK Lebih Baik

Debrinata Rizky, Okezone · Jum'at 20 Desember 2019 20:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 20 337 2144480 adanya-sosok-yang-ditakuti-koruptor-diharap-kinerja-kpk-lebih-baik-pCPHxfuSDp.jpg Pelantikan Pimpinan Baru KPK (Foto: Okezone/Fakhrizal)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik lima anggota dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekaligus melantik lima pimpinan KPK jilid V di Istana Negara, Jumat (20/12/2019).

Terpilihnya Tumpak Hatorangan Panggabean sebagai ketua dewan pengawas KPK hingga Komjen Pol Firli Bahuri sebagai ketua KPK yang baru, menuai beragam reaksi dari masyarakat.

Beragam kritik, saran juga harapan diberikan masyarakat kepada kedua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi tersebut baik sebagai dewan pengawas maupun ketua KPK.

Faby Irawan (30) karyawan di perusahaan swasta memberikan harapannya terkait dua pimpinan KPK tersebut.

"Semoga dengan adanya beberapa tokoh yang terkenal ditakuti para koruptor akan membuat kinerja KPK lebih baik lagi, serta pemberantasan korupsi ditindak dengan cepat dan pemerintah ikut mengawal pemberantasan korupsi dengan baik juga," kata Fabby, Jumat (20/12/2019).

Dewa

Baca Juga: Jadi Dewas KPK, Albertina Ho Mundur dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang

Sementara itu karyawan swasta sebuah perusahaan farmasi di Bogor, Rizky Ade (27) juga tidak mau ketinggalan memberikan harapannya.

"Dewan pengawas itu kan fungsinya mengawasi pelaksanaan tugas wewenang KPK. Semoga saja tidak ada interverensi dari pihak lain, apalagi izin penyadapan juga dari mereka kan. Nantinya harus bersih, tidak pandang bulu jika ada yang mencurigakan harus cepat ditindak, baik itu dari eksekutif, yudikatif, maupun legislatif," kata Rizky Ade saat ditemui Okezone di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

Sedikit berbeda dengan Faby Irawan (30) dan Rizky Ade(27). Niken Cahya (35) seorang karyawan hotel di Jakarta ini mengungkapkan belum bisa mengharap banyak dan ingin menunggu hasil kinerja para pimpinan KPK dahulu.

"Belum bisa kasih harapan banyak cuma mau lihat saja kinerja mereka bagaimana kedepannya. Semoga pemimpin baru ini bisa membuktikan bahwa kontroversi yang dia bawa kemarin itu tidak benar dan membawa KPK lebih maju bersih, independen dan bisa meningkatkan kepercayaan terhadap masyarakat," ujar Niken.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini