nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tumpak Panggabean Ketua Dewas KPK, Jokowi: Beliau Berpengalaman

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 16:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 20 337 2144337 tumpak-panggaben-ketua-dewas-kpk-jokowi-beliau-berpengalaman-fXBCFuln3X.JPG Presiden Joko Widodo (Foto: Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Tumpak Hatorangan Panggabean merupakan orang yang berpengalaman karena pernah menjabat Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sehingga, ia tak ragu menunjuk Tumpak sebagai Ketua Dewas KPK.

"Beliau memiliki latar belakang pengalaman berkaitan dengan KPK. Saya kira itu. Saya kira beliau-beliau adalah orang-orang yang bijak, yang bijaksana saya kira," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Jokowi belum membocorkan apa saja arahannya yang akan diberikan kepada Dewas dan komisioner baru KPK nantinya. "Ini nanti akan saya sampaikan di forum di depan nanti," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak banyak berkomentar saat ditanya dirinya pernah berjanji tidak akan menunjuk penegak hukum aktif dalam Dewas KPK. Padahal, Albertina Ho masih aktif sebagai hakim Pengadilan Tinggi Kupang.

Tumpak Panggabean

Tumpak Panggabean (Foto: Okezone/Fakhri)

"Ya, memang ada persyaratan normatif di Undang-undang, enggak baca Undang-undangnya berarti. Coba baca Undang-undangnya, ada persyaratan itu. Penegak hukum itu bisa dari hakim, bisa dari jaksa, bisa dari kepolisian," paparnya.

"Enggak baca undang-undangnya, aparat hukum aktif ada di undang-undang. (Kamu) salah dengar," tandas Jokowi.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini