Jokowi: 5 Dewan Pengawas KPK Miliki Kapabilitas dan Integritas

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 20 Desember 2019 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 20 337 2144329 jokowi-5-dewan-pengawas-kpk-miliki-kapabilitas-dan-integritas-fiGm3xaRae.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tak sembarangan dalam memilih lima orang Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka yang dipilih merupakan tokoh yang mempunyai kapabilitas dan integritas untuk mengawasi kinerja lembaga antirasuah.

"Sudah saya sampaikan yang kita pilih ini beliau-beliau yang orang-orang baik. Beliau adalah orang baik memiliki kapabilitas, memiliki integritas, memiliki kapasitas dalam hal-hal yang berkaitan wilayah hukum," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Kelima Dewas KPK itu yakni, Tumpak Hatorangan Panggabean yang ditunjuk sebagai Ketua Dewas KPK. Selain itu, keempat orang Dewas KPK lainnya yakni, Artijdo Alkostar, Albertina Ho, Syamsuddin Haris, dan Harjono.

Baca Juga: Pimpinan KPK Jilid V Resmi Dilantik Presiden Jokowi 

Pelantikan Dewas KPK Foto Fakhrizal Fakhri

Jokowi menerangkan, pemilihan Dewas KPK itu sengaja dipilih dari berbagai latarbelakang profesi. Kombinasi itu akan memperkuat lembaga antirasuah ke depan.

"Memang ini kita pilih dari sudut-sudut yang berbeda-beda. Ada yang mantan hakim. Ada yang hakim aktif, ada juga mantan KPK. Ada juga yang akademisi ada Mahkamah Konstitusi. Saya kira sebuah kombinasi yang sangat baik sehingga memberikan fungsi terutama fungsi kontrol dan pengawasan terhadap komisioner KPK," ujarnya.

Jokowi menilai, para Dewas KPK itu bisa bekerjasama dengan lima orang komisioner lainnya. "Saya kira ini akan bekerja sama dengan baik dengan komisioner. Hitungan kita itu," tuturnya.

Baca Juga: Profesi Hakim Dominasi Petinggi KPK Periode 2019-2023

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini