Ini Cara Melindungi Ponsel Anda agar Tidak Disadap

Pernita Hestin Untari, Okezone · Jum'at 20 Desember 2019 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 20 337 2144235 ini-cara-melindungi-ponsel-anda-agar-tidak-disadap-N61K28R96K.jpg Ilustrasi ponsel disadap (Foto: Kim Komando)

JAKARTA - Serangan terhadap ponsel tampaknya semakin marak. Bahkan terkadang pemilik ponsel tidak mengetahui bahwa perangkatnya tengah disadap.

Belakangan, banyak hacker yang membuat aplikasi perangkat lunak untuk ponsel tanpa izin dan memungkinkan seseorang masuk. Hacker atau penyadap nantinya mampu mendengarkan panggilan telepon, membaca pesan teks bahkan yang telah dihapus, serta mengetahui lokasi Anda melalui GPS.

Okezone kali ini akan membahas beberapa tips untuk melindungi ponsel Anda dari penyadap, seperti dilansir dari laman Techwalla.

Pertama

Matikan ponsel setiap kali Anda tidak menggunakannya. Hal tersebut akan mencegah mata-mata untuk mengakses pesan teks dan catatan panggilan ponsel Anda.

Banyak program spyware ponsel menghalangi Anda untuk dapat mematikan ponsel Anda. Jadi mematikan ponsel juga merupakan cara yang baik untuk menentukan apakah ponsel Anda telah disadap.

Kedua

Nonaktifkan GPS ponsel Anda saat Anda tidak menggunakannya. Lalu, nonaktifkan kemampuan Bluetooth ponsel Anda saat Anda tidak menggunakannya.

Hanya terima koneksi Bluetooth dari orang yang Anda kenal. Juga, nonaktifkan koneksi GPS Anda ketika Anda tidak menggunakannya, karena mata-mata dapat menggunakan perangkat lunak mata-mata untuk melacak lokasi fisik Anda.

 Ini beberapa tips untuk melindungi ponsel Anda dari penyadap.

Baca juga: 5 Jenis Ular Paling Berbisa di Dunia, Ular Laut hingga Black Mamba

Ketiga

Instal perangkat lunak anti-spyware. Beberapa situs web, seperti Mobileshox.com, menawarkan program anti-spyware untuk mengunduh langsung dari Internet.

Jika Anda menggunakan Internet di ponsel Anda, pertimbangkan berinvestasi pada perangkat lunak untuk perlindungan ekstra. Jangan lupa untuk instal kata sandi keamanan di ponsel Anda.

Keempat

Hubungi penyedia layanan seluler Anda jika masalah dengan mata-mata masih ada. Jika perlu, minta penyedia Anda menghapus memori ponsel sebagai tindakan pencegahan ekstra. Anda juga mungkin perlu mengganti nomor atau handset untuk benar-benar yakin bahwa masalahnya telah terpecahkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini