nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Serangan Jantung seperti Adian Napitupulu, 5 Penyakit Ini Rentan Naik Pesawat

Nur Fadila Wahyuni, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 14:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 20 337 2144211 selain-serangan-jantung-seperti-adian-napitupulu-5-penyakit-ini-rentan-naik-pesawat-BHdZOKnNwN.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANGGOTA DPR Komisi I DPR RI Adian Napitupulu kena serangan jantung, hingga membuatnya pingsan di pesawat terbang. Selain serangan jantung, ada pula kondisi gangguan kesehatan lainnya yang rentan kalau melakukan penerbangan.

adian

Setiap orang kalau mau naik pesawat terbang memang harus punya kondisi yang prima. Para penumpang harus sehat secara fisik, guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Tidak hanya penumpang biasa yang harus sehat, para pejabat negara juga harus dalam kondisi prima. Namun anggota komisi I DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini pingsan dalam penerbangan menuju Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Diduga ia memiliki riwayat sakit jantung.

Banyak penumpang yang sebenarnya tidak dalam kondisi yang cukup sehat diperbolehkan naik pesawat terbang. Karena bisa membahayakan nyawa diri sendiri.

Dilansir Okezone dari Fitfortravel, Jumat (20/12/2019), berikut lima kategori pasien yang rentan kalau naik pesawat terbang. Simak yuk penjelasannya!

1. Kehamilan minggu ke-36

Ibu hamil dianggap memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan ringan hingga risiko yang paling serius yaitu keguguran. Gangguan yang paling sering terjadi adalah kram dan pembengkakan kaki. Umumnya, terjadi selama penerbangan di atas 3-5 jam. Lebih parahnya jika terkena pembekuan darah atau sering disebut blood clots.

2. Riwayat sakit jantung

serangan jantung

Orang yang mengidap penyakit jantung sebenarnya aman-aman saja kalau naik pesawat/. Tapi yang bisa meningkatkan risiko adalah tekanan udara dan oksigen di ketinggian. Sebaiknya periksa diri ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh sebelum naik pesawat. Mintalah obat-obatan pribadi yang mudah dikonsumsi.

3. Rubella

Rubella golongan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Orang yang mengidap penyakit ini disarankan untuk tidak ikut penerbangan pesawat, karena bisa menular ke penumpang lainnya.

4. Tuberkulosis

Risiko penularan penyakit ini di kabin udara pesawat adalah rendah. Namun penularan kemungkinan dapat sering terjadi daripada angka yang dilaporkan. Harus menjadi perhatian bahwa penularan penyakit infeksi masih kemungkinan besar terjadi dalam perjalanan udara. Mengingat, tuberkulosis juga salah satu penyakit yang sangat menular.

5. Chickenpox

Penderita yang terinfeksi virus ini ditandai dengan munculnya ruam kemerahan berisi cairan yang sangat gatal di seluruh tubuh. Penyakit ini mudah menular, maka orang yang mengidap ini tidak diperbolehkan untukz melakukan penerbangan. (Nur Fadila Wahyuni)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini