Firli Bahuri Cs Dilantik Siang Ini, Pimpinan KPK Jilid IV Beri Pesan & Harapan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 20 Desember 2019 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 20 337 2144096 firli-bahuri-cs-dilantik-siang-ini-pimpinan-kpk-jilid-iv-beri-pesan-harapan-cR0NcD3dn4.jpg Firli Bahuri. (Foto: Dok Okezone/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan melantik lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019–2023 pada Jumat siang ini. Kelima pimpinan baru yang bakal dilantik masing-masing adalah Komjen Firli Bahuri sebagai ketua beserta lima wakilnya yakni Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, dan Nurul Ghufron.

Mereka akan menggantikan pimpinan KPK jilid IV yang telah habis masa jabatannya. Pimpinan periode 2015–2019 itu pun menitipkan sejumlah pesan dan harapan untuk lima komisioner baru lembaga antirasuah.

Baca juga: Jokowi Lantik Pimpinan KPK Periode 2019-2023 Siang Ini 

Ketua KPK Agus Rahardjo berharap pimpinan selanjutnya dapat melanjutkan kasus-kasus besar yang belum tuntas. Di antaranya kasus Richard Joost Lino (RJ Lino) dan kasus korupsi proyek e-KTP.

Ketua KPK Agus Rahardjo. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

"Kan kasus yang belum selesai ada beberapa. Ya contohnya Pak Lino, perhitungan kerugian negaranya menunggu itu, teman-teman dari ahli ITB. Kemudian e-KTP kan belum tuntas, jadi masih banyak yang perlu dilanjutkan‎," kata Agus, Rabu 18 Desember 2019.

Baca juga: Jika Benar Jadi Dewan Pengawas KPK, Apakah Artidjo Tetap Garang? 

Ia meyakini Firli Bahuri cs mampu menuntaskan kasus-kasus besar yang belum selesai di masa kepemimpinannya. Lebih lanjut Agus juga meminta agar komisioner KPK jilid V bisa lebih mengungkap kasus-kasus besar ketimbang memperbanyak operasi tangkap tangan (OTT).

"Saya berharap mestinya ke depan itu membangun kasus yang lebih meaningfull, lebih banyak, artinya dibanding OTT," ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua KPK Laode M Syarif berharap besar Firli Bahuri dan kawan-kawan dapat membawa KPK jauh lebih baik dari sekarang. Meskipun, kata dia, perlu ada penyesuain dengan undang-undang yang baru.

"Tapi kita berharap irama komisioner KPK yang baru dan irama Dewan Pengawas KPK kalau semua semangatnya untuk memberantas korupsi, insya Allah semuanya akan baik-baik saja," kata Syarif, Kamis 19 Desember 2019.

Baca juga: Soal Anggota Dewan Pengawas KPK, Komisi III Harap Presiden Tak Salah Pilih 

Syarif juga menyerahkan sepenuhnya kepada Firli Bahuri dan jajaran terkait kelanjutan kasus-kasus besar yang belum rampung. Kasus besar itu, kata Syarif, terkait dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA) serta dugaan korupsi penerbitan SKL BLBI.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (kedua kiri). (Foto: Dok Okezone/Arie Dwi Satrio)

"Karena itu kasus-kasus besar, dan itu menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Jadi tolong dibantu komisioner yang akan datang mengawal itu dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Laode Syarif Titip Pesan ke Pimpinan Baru KPK Lewat Kulit Kerang 

Sedangkan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang berpesan agar pimpinan selanjutnya tidak melupakan penuntasan kasus teror penyiraman air keras yang menimpa penyidik senior Novel Baswedan. Ia mengatakan, pimpinan KPK bertanggung jawab sepenuhnya atas apa yang terjadi dengan anak buahnya.

"Tentunya itu bagian dari tanggung jawab mereka. Yang korban adalah pasukannya (Novel Baswedan). Saya mengatakan berantas korupsi itu kan perang. Oleh sebab itu kita harus bertanggung jawab terhadap pasukan kita," tegasnya.

Saut mengatakan, usai lepas dari jabatannya sebagai pimpinan KPK, dirinya masih akan terus mengikuti perkembangan penuntasan kasus Novel yang sedang ditangani kepolisian. Ia berharap kasus Novel juga mendapat perhatian khusus dari Firli Bahuri dan kawan-kawan.

"Kita akan menitipkan seperti apa mengikuti perkembangan ini. Harapannya mereka mempunyai perhatian khusus tentang itu. Saya pikir itu," ungkapnya.

Baca juga: Pimpinan KPK Jilid IV dan V Bakal Jalan Bareng ke Istana Hadiri Pelantikan 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto: Dok Okezone)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini