Hadapi Era Keterbukaan Informasi, Menkominfo Siap Gandeng Humas Polri Bersinergi

Muhamad Rizky, Okezone · Kamis 19 Desember 2019 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 19 337 2144028 hadapi-era-keterbukaan-informasi-menkominfo-gandeng-humas-polri-bersinergi-rHHADZEO45.jpg Ilustrasi

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyambut baik strategi Polri melakukan manajemen media di era keterbukaan informasi seperti saat ini.

Menurutnya, di era keterbukaan informasi, penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menghadapi perkembangan teknologi yang kian pesat.

“Saya menyambut baik sekali inisiatif yang dilakukan Polri dalam hal ini Divisi Humas Polri, bahwa ini memang perlu sekali untuk adanya kesamaan cara pandang bagi humas Indonesia,” kata Johnny saat seminar nasional 'Strategi Managemen Media di Era Disrupsi 4.0 untuk Indonesia Maju' di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Menurut dia, acara itu tidak hanya penting untuk memberikan pemahaman yang sama bagi humas Polri, tetapi juga para humas di sektor privat agar mempunyai cara pandang yang sama dalam memanfaatkan teknologi di era kebebasan.

"Baik terkait hak sipil maupun kebebasan berpendapat dan pers,” tuturnya.

Johny Plate. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

Ia juga menegaskan, kegiatan ini harus selalu didukung, sebab dengan pemahaman yang sama bisa menghindari kesalahan dalam perspektif. Di sisi lain, kegiatan itu juga membangun sinergi antar lembaga sehingga semakin kuat.

"Karena membangun satu pandangan, sinergi lintas sektor dalam mentransmisikan dan channeling kebijakan sebagai bangsa, baik kebijakan pemerintah maupun sektor nonpemerintah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Negara Polri (Kabaharkam), Irjen Agus Andrianto, mewanti-wanti perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat tanpa mengedepankan kaidah bisa menyebabkan konflik sosial. Ia pun mencontohkan timbulnya konflik sosial pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.


Baca Juga : Jelang Pilkada Serentak 2020, Polri Ingatkan Ancaman Konflik Sosial

“Tahun 2018 terdapat 29 peristiwa konflik sosial. Sampai Juli 2019 telah terjadi 26 peristiwa konflik sosial yang salah satunya diakibatkan karena pengaruh media sosial," katanya di lokasi yang sama.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini