Banser Turut Amankan Perayaan Natal, Begini Respons Panglima TNI

Taufik Budi, iNews.id · Rabu 18 Desember 2019 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 337 2143578 banser-turut-amankan-perayaan-natal-begini-respons-panglima-tni-QUGEeSNnOG.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis. (Foto : iNews/Taufik Budi)

SEMARANG – Sejumlah personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) dikerahkan untuk turut mengamankan perayaan Natal di Kota Semarang, Jawa Tengah. Mereka bergabung dengan personel keamanan lainnya, yaitu Polri dan TNI.

“Makasih banyak dari Banser NU turut menjaga perayaan Natal dan saya sangat apresiasi. Terus bekerjasama dengan aparat dalam hal ini kepolisian,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Idham Aziz saat meninjau kesiapan personel pengamanan Natal di Gereja Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Randusari Katedral Semarang, Rabu (18/12/2019).

Dia mengatakan, setiap elemen masyarakat yang terlibat dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru mesti mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan Polri. Dengan cara tersebut, personel gabungan tidak akan bergerak sendiri di luar garis komando polisi.

ilustrasi (Dok Okezone)

“Apabila ingin melaksanakan kegiatan nanti komponen masyarakat yang terlibat dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru akan didampingi anggota Polri maupun TNI. Sehingga semua bisa melaksanakan sesuai dengan SOP maupun protap (prosedur tetap),” katanya.

“Sekali lagi terima kasih banyak kepada Banser, dari Satpol PP, Damkar, dari Dishub, termasuk adik-adik Pramuka,” tuturnya.


Baca Juga : Menag Imbau Jangan Ada Aksi Sweeping saat Natal dan Tahun Baru

Sebelum meninjau kesiapan personel pengamanan Natal di gereja tersebut, Panglima TNI dan Kapolri memberi arahan kepada anggota polisi serta TNI di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Kurang lebih 30 menit melakukan kunjungan, rombongan Panglima TNI dan Kapolri langsung beranjak untuk melanjutkan perjalanan.

Baca Juga : Antisipasi Aksi Sweeping Nataru, Kemendagri Keluarkan Edaran untuk Kepala Daerah

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini