nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketua MPR Dukung Artidjo Alkostar Jadi Dewan Pengawas KPK

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 16:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 18 337 2143457 ketua-mpr-dukung-artidjo-alkostar-jadi-dewan-pengawas-kpk-fIFN874f14.jpg Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) setuju jika mantan Hakim Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkotsar menjadi salah satu anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Artidjo dianggapnya sebagai hakim yang berintegritas dalam menjalankan profesi.

"Semua sudah tahu Artidjo adalah hakim yang lurus. Kita harapkan juga sebagai pengawas itu juga bersikap tegak lurus terhadap persoalan-persoalan penegakan hukum yang ada di KPK terutama dalam hal pemberantasan korupsi," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Baca Juga: Agus Rahardjo Anggap Artidjo Alkotsar Cocok Jadi Dewas KPK 

Kendati begitu, Bamsoet sapaan akrabnya meminta agar menerima siapa pun yang nantinya dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Dewan Pengawas KPK. Ia yakin pilihan tersebut merupakan orang terbaik.

"Ya pokoknya posisi parlemen ini, apa pun yang sudah dipilih pemerintah, menurut saya, perlu didukung karena itulah pilihan yang terbaik yang sudah dipikirkan secara masak-masak, termasuk pilihan terhadap satu nama yang namanya Artidjo," tuturnya.

Artidjo Alkostar

Pilihan Presiden Jokowi itu juga diyakini bisa menyeimbangkan langkah-langkah hukum yang dijalankan KPK. Sebelumnya, Jokowi telah menerima sejumlah nama yang akan ditunjuknya sebagai Dewas KPK.

"Berdasarkan perkembangan mutakhir soal Dewan Pengawas KPK sedang diproses, Presiden tentu dengan Mensesneg Pak Pratikno memproses nama-nama tertentu yang diusulkan oleh pihak-pihak, banyak pihak," kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadroel Rahman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 5 November 2019.

Baca Juga: Komisi III DPR: Ada Secercah Harapan Jika Artidjo Alkostar Jadi Dewas KPK 

Fadjroel menambahkan, Jokowi juga tengah meminta pendapat banyak pihak guna menunjuk lima orang Dewas KPK tersebut.

"Terkait dengan nama-nama yang masuk di dalam Dewas itu tidak ada yang secara khusus disebutkan. Cuma tegas dikatakan pada intinya bahwa sudah mendapatkan masukan dan pemerintah juga meminta masukan dari pihak pihak masyarakat," paparnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini