Komisi III DPR: Ada Secercah Harapan Jika Artidjo Alkostar Jadi Dewas KPK

Sarah Hutagaol, Okezone · Rabu 18 Desember 2019 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 337 2143446 komisi-iii-dpr-ada-secercah-harapan-jika-artidjo-alkostar-jadi-dewas-kpk-kBtEXmUrS9.jpg Artidjo Alkostar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Trimedya Panjaitan menilai ada harapan baru ketika muncul nama Mantan Hakim Agung Mahkamah Agung (MA), Artidjo Alkostar sebagai calon dewan pengawas Komisi Pemberatansan Korupsi (KPK).

Nama Artidjo sempat dibocorkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Dewas KPK. Selain itu, disebutkannya juga beberapa nama seperti Hakim Albertina Ho dan mantan Ketua KPK, Taufiquerachman Ruki.

"Kalau seandainya betul, Pak Artidjo masuk Dewas KPK yang akan diumumkan Presiden, saya pikir ini prospek yang baik dari KPK," ucap Trimedya dalam diskusi di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019).

Pengalaman Artidjo di bidang hukum dinilainya sudah mumpuni. Hal tu penting sebagai modal untuk mengisi jabatan Dewas KPK."Pak Artidjo ini kita tahu lah, hampir 15 tahun Beliau jadi Hakim Agung, enggak ada yang bisa melakukan intervensi kepada Pak Artidjo," ujarnya.

Artidjo Alkostar. (Foto: Sindonews)

"Seandainya orang-orang itu yang akan duduk nanti di Dewas, ada secercah harapan bagi kita bahwa mereka tetap bisa menjaga, semangat dan spirit etos kerja yang ada di KPK. Itu yang kita harapkan ke depannya seperti itu," sambung Trimedya.

Trimedya meyakini Presiden Jokowi memiliki jawaban atas kekhawatiran semua pihak terkait dugaan upaya pelemahan KPK. "Beliau (Jokowi) bilang mudah-mudahan kejutan itu, dan itulah untuk menjawab kekhawatiran kita bahwa pemerintah sedang dalam proses melakukan pelemahan terhadap KPK," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini