Wiranto Mundur dari Ketua Dewan Pembina Partai Hanura

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 18 Desember 2019 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 337 2143369 wiranto-mundur-dari-ketua-dewan-pembina-partai-hanura-kSkhJjd0Op.jpg Foto: Okezone.com

JAKARTA - Pendiri Partai Hanura Wiranto mengundurkan diri dari struktural partainya yakni sebagai Dewan Pembina. Ia mundur lantaran dirinya menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

"Saat ini, saya menyatakan mundur dari Ketua Dewan Pembina Hanura," kata Wiranto di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019).

 Baca juga: Wiranto Jabat Ketua Wantimpres, Hanura: Dia Split Personality

Wiranto mengatakan, keputusan mundur tersebut diambil setelah ia mendapat tugas yang berat dari Presiden Joko Widodo. Untuk itu ia memilih mengundurkan diri.

"Mengapa? Ini kesadaran saya. Saya selalu berorientasi kepada tugas pokok saya. Saat ini saya ditugaskan Presiden sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden," tuturnya.

Ia juga menegaskan, bahwa mundurnya dari Dewan Pembina bukan dari desakan siapapun.

 Baca juga: Hanura Gelar Munas III, Jokowi & Wiranto Tidak Diundang

"Jadi jangan diputar-putar. Wiranto dipecat, Wiranto mengkhianati partai, jangan. Saya sudah duluan ini," tambahnya.

Wiranto mengaku bahwa ada sejumlah pihak yang mengatakan harus mundur dari jabatan sebagai Dewan Pembina, namun menurutnya hal itu keliru

"Banyak, yang bicara begitu, terutama teman-teman Hanura, saya katakan coba baca secara jeli, undang-undang yang mengenai Wantimpres. Undang-undang Nomor 19 Tahun 2006. Sudah jelas di sana anggota Wantimpres, sudah pasti Ketua, tidak boleh rangkap jabatan, termasuk rangkap jabatan dalam pimpinan politik," bebernya.

"Dalam pasal penjelasan dalam undang-undang yang disebut pimpinan partai politik, adalah Ketua Umum atau sebutan lain Ketua Umum atau pengurus harian. Sehingga Ketua Dewan Pembina itu tak tersentuh oleh larangan rangkap jabatan," tutup Wiranto.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini