Lika-liku Jokowi dan Para Menteri Menembus Medan Terjal Penajam Paser Utara

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 18 Desember 2019 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 337 2143342 lika-liku-jokowi-dan-para-menteri-menembus-medan-terjal-penajam-paser-utara-25J05VXsqQ.jpg Jokowi menembus medan terjadi di ibu kota baru (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Hujan dengan intensitas sedang sepanjang perjalanan menuju lokasi ibu kota baru tak menyurutkan langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meninjau lokasi yang berada di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Utara, Selasa 17 Desember 2019.

Jokowi meninjau lokasi ibu kota baru tersebut dengan menggunakan mobil Toyota Land Cruiser berwarna hitam bertuliskan Indonesia 1. Medan yang terjal dan berat membuat Kepala Negara harus menggunakan kendaraan berbasis off road.

Medan terjal ibu kota baru (Foto : Okezone.com/Fakhri)

Sementara, para menteri yang ikut menggunakan dalam kunjungan kerja Presiden itu menggunakan mobil Toyota Hiace berwarna putih. Mobil tersebut diketahui hampir terperosok ke jurang lantaran medan yang licin dan berkontur berbukit-bukit hingga pembantu Presiden itu harus turun berbecek-becekan dan menumpang mobil lainnya.

Para menteri yang mendampingi Jokowi itu di antaranya Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Staf Khusus Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman.

Jokowi menuju lokasi ibu kota baru dari Gerbang Tol Samboja, Kutai Kartanegara. Perjalanan menuju ke Sepaku memakan waktu hingga 3 jam lamanya. Jalanan menuju lokasi Penajam Paser Utara itu berkelok-kelok dan masih terdapat sejumlah jalan dengan kontur tanah merah yang tak beraspal.

Iringan-iringan mobil rombongan kepresidenan itu tak jarang melewati tanjakan dan turunan yang ekstrem saat menuju Bukit Sudarmono.

Mobil rombongan menteri Jokowi nyaris masuk jurang (Foto : Okezone.com/Fakhri)

Baca Juga : Ini Kata Jokowi soal Banjir Jakarta

Saat ini lokasi ibu kota di Penajam Paser Utara merupakan lahan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) yang dikelola PT ITCI Hutani Manunggal.

Para wartawan yang ikut dalam rombongon Jokowi pun tak semua berhasil menuju puncak Sepaku yang akan menjadi lokasi Istana Kepresidenan nantinya. Hanya empat wartawan saja yang berhasil menuju puncak tersebut karena berganti mobil 4x4.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini