Jokowi Ingin 100 Ribu Hektare Lahan Ibu Kota Baru Dijadikan Kebun Bibit

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 17 Desember 2019 23:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 337 2143187 jokowi-ingin-100-ribu-hektare-lahan-ibu-kota-baru-dijadikan-kebun-bibit-CYkKLSej6M.JPG Presiden Jokowi saat meninjau lokasi ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kaltim (Foto: Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin 100 hektare lahan ibu kota baru dijadikan sebagai lokasi kebun bibit dengan jutaan jenis tanaman agar ibu kota baru nantinya dikenal sebagai green city atau kota hijau.

Kepala Negara menerangkan, ibu kota baru dengan luas 256 ribu hektare hanya akan dipakai untuk kawasan pemerintahan seluas 56 ribu hektare. Sehingga, 100 ribu hektare akan dijadikan kebun bibit untuk jutaan tanaman.

Menurut dia, lahan yang tak digunakan untuk ibu kota baru memang disiapkan sebagai lahan konservasi karena sebelumnya lahan ibu kota baru merupakan hutan industri.

"Kalau 256 ribu hekater itu memang dicadangkan untuk kawasan konservasi. Artinya kita ingin justru memperbaiki dari lingkungan yang ada ini. Sehingga saya sudah perintahkan ke Menteri Perhutanan untuk membangun yang pertama kebun bibit seluas kurang lebih 100-an hektare, yang nanti akan ada jutaan bibit di situ," kata Jokowi di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim, Selasa (17/12/2019).

Jokowi menerangkan, dipilihnya lokasi Penajam Paser Utara sebagai lokasi ibu kota hanya tinggal menunggu hasil desain pembangunannya yang akan diumumkan pada enam bulan ke depan.

Ia pun menargetkan bahwa pembangunan infrastruktur sibu kota yang baru akan dimulai pada pertengahan 2020. "Kami melihat di sini, ternyata infrastruktur dasar jalan meskipun baru perkerasan itu sudah ada," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini