nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkominfo Pastikan Pemerintah Perhatikan Keselamatan Wartawan saat Bertugas

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 19:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 17 337 2143121 menkominfo-pastikan-pemerintah-perhatikan-keselamatan-wartawan-saat-bertugas-9hUgQVs6oX.jpg Menkominfo, Johhny G Plate (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate memastikan jika pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin turut memperhatikan keselamatan pekerja jurnalistik.

"Komitmen pemerintah sekali lagi, sekali lagi semua pihak harus melakukan evaluasi yang menyeluruh ya, bahwa pers itu satu profesi yang juga dengan resiko yang besar khususnya keselamatan kerja," kata Johnny di diskusi 'Refleksi Kebebasan Pers Tahun 2019 dan Peluncuran Buku Mengenal Dewan Pers" di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (17/12/2019).

 Baca juga: Wartawan Aceh yang Rumahnya Dibakar Surati Kapolri, Minta Pelaku Ditangkap

Ia juga meminta kepada wartawan agar dibekali pengetahuan jika ditugaskan di daerah-daerah konflik atau daerah yang rawan aksi persekusi.

"Yang di medan perang kalau di medan perang yang harus mengikuti embedded yaitu menempel pasukan dengan cara-cara yang benar, di situasi dimana ada ancaman bahaya ya bencana misalnya juga ada prosedurnya itu, nah ini juga tentu perlu juga menjadi bagian yang dievaluasi bagaimana pers untuk jurnalis yang aman ya yang nyaman dan selamat," ungkapnya.

 Baca juga: Jurnalis Dipersilakan Naik ke Mobil Taktis Polisi saat Liput Demo Rusuh

Ia juga meminta siapapun yang melakukan persekusi tidak dibenarkan, hal ini juga pihaknya meminta jika ada aksi persekusi agar diproses secara hukum.

"Kekerasan terhadap wartawan ini harus kita evaluasi secara menyeluruh yang salah harus dihukum, tetapi jangan semuanya kita anggap benar karena benar dan salah itu sangat tergantung kepada fakta lapangannya yang sebenarnya dan itu tentu hukum," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini